Geramnya Sri Mulyani kepada Kepala Daerah, APBD Banyak Habis untuk Gaji PNS

BENTENGSUMBAR.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani geram melihat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) banyak dihabiskan hanya untuk gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kegeraman itu ia tumpahkan ketika menghadiri Rakornas Kemendagri dengan para kepala daerah.

"Yang penting untuk pertumbuhan ekonomi adalah belanja modal, karena diperlukan untuk pembangunan infrastruktur dasar terutama di daerah. Ini belanja pegawai naik terus, belanja barang melonjak tinggi, belanja modal relatif stagnan bahkan menurun," ujar Sri dalam Rakornas Kemendagri di Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Dia menyebutkan, selama ini setiap pemerintah pusat rutin mengirimkan anggaran ke daerah, digunakan justru paling cepat untuk membayar gaji. 

Dia makin geram karena menurutnya, program lain yang lebih penting justru dikesampingkan.

"Bapak ibu sekalian lihat begitu menerima transfer dari pusat langsung gampang bayar gaji aja.Kenapa belanja modalnya kurang? Padahal rakyat saya masih membutuhkan infrastruktur dasar, padahal masih ada kemiskinan, padahal masih ada daerah yang belum punya MCK memadai, kenapa nggak dipakai untuk itu? Dan tentu dalam hal ini serapan belanja di daerah masih menghadapi kendala," keluh Sri.

Dia menegaskan bahwa dia ingin pemda bisa kembali memikirkan komposisi belanjanya supaya belanja modal bisa ditingkatkan.

"Kalau bapak ibu (kepala daerah) lihat belanja modal mengecil, kita enggak akan bisa mengejar ketertinggalan. Artinya bapak ibu harus menjaga komposisi belanja ini," tutup Sri Mulyani.

Sumber. Idxchannel

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »