Advertorial

Daerah

Jalan Kuliek Nagari Sungai Buluah Amblas, Wabup Padang Pariaman Dampingi BWSS Tinjau Lokasi

          Jalan Kuliek Nagari Sungai Buluah Amblas, Wabup Padang Pariaman Dampingi BWSS Tinjau Lokasi
Jalan Kuliek Nagari Sungai Buluah Amblas, Wabup Padang Pariaman Dampingi BWSS Tinjau Lokasi
BENTENGSUMBAR.COM - Tingginya curah hujan yang terjadi pada Jumat, (24/06) lalu, menyebabkan amblasnya jalan Kuliek Nagari Sungai Buluah Timur Kecamatan Batang Anai. Amblasnya jalan di aliran sungai batang anai ini diperkirakan terjadi pada Jumat sore sekira pukul 17.00 Wib sehingga menyebabkan terisolirnya enam korong wilayah Batang Anai bagian timur.

Kondisi tersebut berakibat tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat maupun roda dua. Padahal ruas jalan yang dimaksud merupakan satu satunya akses utama masyarakat, sehingga akan dapat mengganggu roda perekonomian dan aktivitas kehidupan sehari hari masyarakat setempat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariaman Budi Mulya mengaku setelah kejadian langsung melakukan koordinasi dengan Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) V Kementrian PUPR Dian Karmila. Budi meminta, agar tim BWSS turun ke lapangan untuk mendapat solusi penanganan daruratnya.

“Dipimpin langsung Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang mendampingi tim dari BWSS,” katanya kemarin saat mendampingi Wabup Rahmang, Sabtu siang (25/06).

Budi yang juga Plt Kepala DPUPR Padang Pariaman ini menyampaikan bahwa daerah aliran sungai batang anai merupakan kewenengan BWSS V. Maka katanya, telah disepakati pihak BWSS V Kementrian PUPR akan menindaklanjuti penanganan daruratnya dengan menggunakan dana tanggap darurat bencana kementerian PUPR.

“Selain itu pihak BWSS V Kementerian PUPR juga akan mangusulkan anggaran pembangunan pasca bencana,” tambahnya menegaskan.

Wabup Rahmang dalam diskusi tanggap darurat responsif ini menyampaikan perlu ada langkah-langkah strategis dan efektif untuk memaksimalkan pencegahan. Agar dampak bencana tidak terjadi berlarut dan berdampak kepada hal yang tidak diinginkan khususnya kepada masyarakat setempat.

“Kita berharap, pihak BWSS V Kementrian PUPR dapat segera melaksanakan penanganan darurat jalan kuliek tersebut agar aktifitas kehidupan masyarakat setempat normal kembali,” ujar Rahmang.

Dalam tinjauan tersebut tim BWSS juga didampingi Dinas PSDABK Provinsi Sumatera Barat. 

Tampak hadir mendampingi Wabup Rahmang Jajaran BPBD Padang Pariaman, Jajaran Dinas PUPR Padang Pariaman, Camat Batang Anai Suhardi, Wali Nagari, dan masyarakat setempat. (R/AT)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »