Sekda Padang Pariaman Harapkan Silek Lubuak Aluang Jadi Icon Padang Pariaman

BENTENGSUMBAR.COM - Silek adalah salah satu budaya tradisional yang dimiliki tanah air. Tak terkecuali, silek di Minangkabau Sumatera Barat. Silek, budaya yang diwariskan turun-temurun sejak dahulunya dari generasi ke generasi. Namun demikian, ada kegelisahan dari pelaku dan penggiat silek terkait kelestariannya, bahkan dari tokoh masyarakat dan tokoh adat.

Menyikapi hal ini, ninik mamak Kenagarian Lubuk Alung secara lembaga di Kerapatan Adat Nagari (KAN) terus merawat dan menjaga kelestarian budaya Batajau Silek Kanagarian Lubuak Aluang. Agar tetap lestari sebagai budaya, maka perlu digelar ditengah-tengah masyarakat.

Setelah ditutup sebelum memasuki ramadhan kemaren, Batajau Silek Kanagarian Lubuak Aluang kembali di buka. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Padang Pariaman Rudy Repenaldi Rilis membuka kegiatan silat tersebut di halaman Kantor KAN Lubuk Alung, Korong pasa kandang Nagari Balah Hilir Lubuk Alung pada Minggu malam (26/06).

Rudy menyampaikan setiap daerah punya ciri khas silek masing-masing. Termasuk katanya, silek Lubuak Aluang yang masih terpelihara sampai saat ini.  Batajau Silek Kanagarian Lubuak Aluang bisa menjadi icon Padang Pariaman dan menjadi kekayaan budaya daerah.

“Silek Lubuak Aluang diharapkan menjadi icon Padang Pariaman, namun tentu perlu upaya untuk menjaga dan melestarikannya,” kata Rudy.

Rudy menyebut bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman sangat mendukung dan support kegiatan Batajau Silek ini. 

Bahkan dia menyatakan pemerintah daerah sangat berterima kasih kepada ninik mamak dan masyarakat Lubuk Alung atas terselenggaranya pembukaan silek ini.

Rudy mengatakan akan melaporkan dan mengkoordinasikan dengan bupati, terkait peningkatan dalam pelestarian budaya silek ini. Bahkan sebutnya, akan mengagendakan dalam forum Forkopimda dan berkoordinasi dengan perangkat daerah terkait.

“Prinsipnya silek harus dilestarikan, dalam upaya peningkatan pelestariannya kami akan koordinasikan dengan OPD terkait,” tutupnya.

Ketua KAN Kanagarian Lubuak Aluang Asril Mokhtar, SH, Dt Rky Basa menyebutkan, Seni beladiri kepunyaan ninik mamak dan di pakai oleh nan muda.  

Batajau Silek Kanagarian Lubuak Aluang ini harus terus digelar di tengah-tengah masyarakat, agar dapat dilestarikan terutama bagi kalangan anak muda.

“Seni beladiri itu kepunyaan ninik mamak, namun harus dilestarikan oleh generasi muda agar bisa terus diwariskan secara turun temurun,” ulasnya singkat.

Sekretaris KAN Lubuk Alung Doni Nofriadi Datuak Kayo melaporkan, pembukaan silek yang digelar  menampilkan silek seluruh perguruan yang ada di Lubuk Alung. Dengan satu sasaran menampilkan dua perwakilan, yaitu senior dan yunior.

“Malam ini pembukaan setelah sejak ramadhan, secara teknis tempatnya digilirkan diseluruh nagari di Kecamatan Lubuk Alung, dilaksanakan setiap bulannya,” kata Doni yang juga ketua Panitia Pembukaan Silek.

Dia mengajak semua kalangan untuk dapat sama-sama melestarikan Batajau Silek Kanagarian Lubuak Aluang ini dengan kapasitas masing-masing. 

Pihak pemerintah, baik pemerintahan nagari maupun pemerintah kabupaten agar kedepannya dapat lebih mencurahkan perhatiannya kepada tradisi silek ini.

“Semoga kedepannya ada perhatian dari pemerintah secara operasional dan penganggaran, mulai dari nagari maupun pemerintah daerah,” tandasnya berharap. (R/AT)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »