PILIHAN REDAKSI

Dipanggil Gus Yaqut karena Geruduk Holywings, Ketua GP Ansor DKI: Saya Tanggung Jawab!

BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Wilayah GP Ansor DKI Jakarta, Muhammad Ainul Yakin Simatupang akan menjelaskan maksud konvoi ke Holyw...

Advertorial

Keuntungan Jika Beristri Perempuan Minang

          Keuntungan Jika Beristri Perempuan Minang
Keuntungan Jika Beristri Perempuan Minang
BERUNTUNG sekali jika kamu memiliki istri keturunan Minang pastinya. Tak hanya terkenal akan kesetiaan yang dimiliki, perempuan Minang juga sangat kompeten dalam mengurus rumah tangga. Tak hanya mandiri, mereka sangatlah dapat diandalkan dikondisi apapun, contohnya seperti: 

Mereka sangat pintar memasak

Tak ada yang tak kenal akan kekhasan masakan Padang yang selalu dapat menggugah selera. Dimanapun kalian berada pasti tak akan jauh-jauh ada tempat makan yang menyediakan masakan Padang, hingga diluar negeri pun masakan Padang juga dikenal akan kelezatannya. 

Para perempuan Minang sedari kecilnya sudah didik agar bisa memasak oleh orangtuanya. Jika perempuan Minang tak pandai masak, akan memalukan rasanya. 

Makanya sedari kecil mereka sudah dilatih dari yang kecil, yaitu dengan membantu bantu kegiatan kecil saat ibunya memasak. Tak akan heran jika memiliki istri Minang, akan membuat laki-laki yang memilikinya merasa beruntung karena akan selalu kenyang akan makanan lezat yang dibuatnya.

Mereka mampu beradaptasi dengan lingkungan baru

Perempuan Minang sangat mampu beradaptasi di lingkungan yang baru. Mereka akan mudah diterima dimanapun mereka berada. Seperti kata pepatah Minang,“Dima Bumi di Pijak, Di situ langik di Junjuang”, jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, “Dimana Bumi di Pijak, disana Langit di Junjung”. Maksudnya adalah dimanapun berada, haruslah kita selalu patuh terhadap adat istiadat setempat/dimana kita berada yang berlaku. Pepatah inilah yang dipegang teguh oleh perempuan Minang dilingkungan manapun mereka berada. 

Mereka terkenal cekatan dan terampil

Perempuan Minang di didik agar bisa menjadi pribadi yang cekatan dan terampil dalam segala hal sedari kecil. Makanya ada banyak sekali perempuan Minang yang memiliki keterampilan dan hal apapun. Contohnya saja seperti cekatan dalam mengurus rumah, dan terampil dalam mengasuh anak.

Suaminya akan diperlakukan layaknya seorang Raja

Jika pria beristri keturunan Minang, maka dia akan diperlakukan seperti seorang Raja. Mereka sangat teliti dalam hal apapun, sampai hal terkecil pun yang dibutuhkan suaminya nanti akan selalu terpenuhi. 

Perempuan Minang tak akan pernah lupa menghidangkan makanan, semua kebutuhan suaminya sangat dijamin dapat terpenuhi baik dari ujung kaki sampai kepala pun mereka akan sanggup menyiapkan kebutuhan suaminya itu. 

Mereka senantiasa akan memberikan pelayanan terbaik untuk suami mereka. Karena di Minangkabau, perempuan harus menghormati dan menghargai suaminya sebagai kepala keluarga.

Mereka Mampu mengatur keuangan rumah tangga

Ada banyak orang-orang berpendapat kalau orang Minang atau orang padang itu panceke atau pelit. Sebenarnya itu sangatlah tak betul. Mereka bukanlah orang yang pelit melainkan mereka pintar dan mampu mengatur keuangan. Terkhusus untuk para perempuan nya, mereka sangatlah pandai dalam mengatur keuangannya. 

Makanya kebutuhan mereka selalu dapat terpenuhi karena uang yang ia dapat dari suaminya digunakan sesuai kebutuhan bukan sesuai kemauannya. Mereka selalu di didik untuk pintar mengatur keuangan. Berfoya-foya merupakan kata yang asing bagi mereka. 

Mereka terkenal akan kepribadian Penyayang dan setia

Allah SWT menganugerahi sifat penyayang kepada setiap manusia. Tiap-tiap manusia pasti mempunyai rasa akan kasih sayang. 

Begitu demikian terhadap gadih Minang. Sifat penyayang dan setia kepada pasangan itulah yang mereka miliki. 

Mereka akan selalu mendukung suaminya dalam kondisi apapun itu. Mereka akan bisa merelakan kebagian nya demi mendampingi suaminya. 

Ada begitu banyak pria yang beristri perempuan Minang yang hidupnya jaya dan penuh kesuksesan. Itu semua disertai akan kasih sayang dan kesetiaan yang selalu mereka dapatkan dari istrinya perempuan Minang itu.

Mereka terkenal akan paras yang cantik

Kota Padang terkenal akan wanita suku Minang yang memiliki paras nancantik. Padang juga termasuk daerah penghasil wanita cantik di Indonesia.

Adapun ciri khas dari wanita Padang yaitu cantik rupawan dan jago berdagang, jika saja seorang pria dapat menikahi perempuan Minang maka tak akan rugi nanti nya jika mereka bangun lebih pagi. 

Setiap harinya mereka tak hanya akan disuguhi makanan yang khas lagi lezat, tapi mereka juga akan selalu disuguhi oleh paras istrinya yang cantik rupawan. 

Mereka terkenal akan karakter yang lemah lembut

Tak hanya memiliki karakter yang setia dan pekerja keras wanita Minang juga terkenal akan kelemah lembutan nya. mereka dipandang sebagai individu yang mampu memecahkan masalah dengan kesabaran dan kedewasaan yang dimilikinya. Makanya perempuan Minang dapat dipastikan menjadi gambaran ibu rumah tangga yang baik, dan juga memiliki pola asuh yang baik dan wanita yang bersih.

Makanya tak akan rugi jika beristri perempuan Minang, mereka lah yang nantinya akan membuat tenang hati suaminya, dan menjadi obat pereda amarah sang suami nantinya. 

Mereka mencintai kedisiplinan

Selain berkepribadian lemah lembut, perempuan Minang juga pribadi yg amat disiplin baik dalam bentuk kebersihan ataupun dalam pekerjaan. Mereka nantinya tak akan segan-segan menegur jika seseorang tak dapat disiplin. 

Mereka nantinya akan sangat cocok menjadi figur seorang ibu yang disiplin dalam mendidik anaknya di persoalan hidup. 

Mereka memiliki jiwa pebisnis yang kuat

Perempuan tak hanya pintar memasak tapi mereka juga sangat pintar dalam mengelola bisnis. Mereka tidak akan segan-segan untuk berbisnis, membuka usaha sendiri untuk membantu suami atau sekedar hidup mandiri. Tak heran jika saja ada begitu banyak perempuan Minang yang berdagang. 

Masa-masa sekarang ini, semuanya mahal. Beruntung jika gaji sang suami melimpah, bagaimana kalau sebaliknya, makanya Akan sangat sulit untuk menghidupi keluarga secara finansial hanya dengan gaji bulanan sang suami. Beruntung sekali jika seorang pria beristri yang berasal dari suku Minang. Mereka tidak akan segan-segan terjun ke dunia bisnis untuk membantu masalah keuangan sang suami. Dan hal itu akan sangat membantu meringankan beban suami.

Sedari kecil mereka dibekali ilmu agama

Minangkabau merupakan salah satu suku yang selalu menjunjung tinggi agama dan adat istiadat. Selayaknya pepatah minang yang mengatakan: “Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabulla”, artinya: “Adat Bersendi Syarak, Syarak bersendikan Al-Quran”. Pepatah ini yang selalu orang Minangkabau junjung tinggi.  Adat terus menjunjung tinggi agama, sedangkan agama berikatan selalu kepada Al-Qur'an.

Dari dulunya hingga sekarang, orang Minang selalu menyampaikan pemahaman itu kepada keluarga dan anak-anaknya.

Dalam kehidupan sehari-hari agama dan adat istiadat tak dapat dipisahkan.  Adat haruslah searah dengan agama, tak boleh adanya penyimpangan darinya. 

Oleh karena itu, sedari kecil anak-anak di Minangkabau selalu dilatih belajar agama. Tak mengenal itu laki-laki ataupun perempuan. Sedari kecil mereka haruslah belajar agama. Ketika seorang anak berusia 7 tahun, ia harus belajar mengaji di Surau atau Musholla dan juga untuk Menuntut ilmu agama sebagai bekal di akhirat nanti. 

Oleh karena itu, tidak heran jika para wanita Minangkabau mempunyai pemahaman terkait agama dan kemudian mengajarkannya kepada anak-anaknya. Setiap tindakan dan setiap perkataan selalu mencerminkan karakter seseorang. Oleh karena itu pendidikan agama itu sangatlah penting.

*Penulis: Ranika Ralnandes, Mahasiswa Universitas Andalas
Fakultas ilmu budaya sastra daerah Minangkabau.
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »