PILIHAN REDAKSI

Maria Vania Beberkan Sosok Pejabat yang Menawarinya Jadi Istri Kedua

BENTENGSUMBAR.COM - Sosok perempuan cantik dan seksi Maria Vania kerap kali menjadi sorotan publik. Maria Vania kini juga aktif...

Advertorial

Satupena Sumbar Gelar Malewakan IMLF dan Diskusi Literasi Minangkabau

          Satupena Sumbar Gelar Malewakan IMLF dan Diskusi Literasi Minangkabau
Satupena Sumbar Gelar Malewakan IMLF dan Diskusi Literasi Minangkabau
BENTENGSUMBAR.COM - Satupena Sumbar gagas Internasional Minangkabau Literacy Festival (IMLF) yang bakal digelar pada  22-27 Februari 2023 mendatang. 

Langkah awal, Satupena Malewakan IMLF dan Diskusi Literasi Minangkabau, Sabtu (11/6/2022) di auditorium Museum Aditywarman, Jalan Diponegoro Padang. 

Ketua Satupena Sumbar Sastri Bakry dalam laporannya mengatakan penyelenggaraan IMLF ini merupakan kerja berat yang digagas Satupena Sumbar. 

Diskusi literasi yang digelar ini diharapkan  juga mencari masukan mempersiapkan IMLF yang melibatkan utusan berbagai negara. Sebagian sudah ada yang menyatakan kehadirannya.

“Karena ini ivent internasional, tentu harus.mendapat dukungan luas dari pelaku seni dan budaya di daerah ini. Agar beban berat yang diusung Satupena Sumbar akan menjadi ringan dan sukses dengan adanya dukungan dari berbagai pihak,” tutur Sastri Bakry.

Menurut Sastri, IMLF yang berlangsung lima hari itu akan menggelar seminar, workshop, pameran buku,  pementasan seni budaya yang akan berlangsung di Padang, Bukittinggi, Padang Panjang dan Agam. IMLF akan diikuti sekitar 300 peserta dalam dan luar  negeri.

Diskusi pada Malewakan IMLF dan Diskusi Literasi Minangkabau tersebut dibuka Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat Syaifullah, S.Pd, MM, Sedangkan narasumber  diskusi tampil pegiat budaya Januarisdi dan pegiat budaya “Mak Kari” Viveri Yudi dengan  moderator Redaktur Budaya RRI Padang Aditya.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat Syaifullah menyebutkan, ide IMLF yang digagas Satupena Sumbar ini memang  patut didukung bersama dengan adanya kolaborasi berbagai pihak di Sumatera Barat. 

Mudah-mudahan melalui ivent ini literasi Minangkabau yang sudah ada sejak dulu itu bisa disampaikan di forum internasional yang melibatkan banyak negara. 

“Banyak tokoh literasi yang lahir dari Minangkabau, baik berskala nasional maupun internasional,” katanya. 

Turut hadir Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya  Provinsi Sumatera Barat Undri, S.S., M.Si, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumbar Novrial, S.E., M.A.Ak., pengurus dan anggota Satupena. (AT)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »