PILIHAN REDAKSI

Buang Sabu Keselokan, AI Terpaksa Diamankan Satres Narkoba Polres Solok Kota

BENTENGSUMBAR.COM - Tim Satresnarkoba Polres Solok Kota mengamakan AI ( 25 ) sekira jam 22 50 Wib pada Senin tanggal 27 Juni 20...

Advertorial

Sultan Brunei Reshuffle Kabinet, Pertama Kali dalam Sejarah Tunjuk Menteri Perempuan

          Sultan Brunei Reshuffle Kabinet, Pertama Kali dalam Sejarah Tunjuk Menteri Perempuan
Sultan Brunei Reshuffle Kabinet, Pertama Kali dalam Sejarah Tunjuk Menteri Perempuan
BENTENGSUMBAR.COM - Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah merombak kabinet, Selasa (7/6/2022). Untuk pertama kali, Sultan memasukkan perempuan dalam jajaran menterinya. Sedianya masa jabatan kabinet berakhir pada 2023.

Dalam pidato di televisi, seperti dikutip dari Xinhua, Rabu (8/6/2022), Sultan Hassanal Bolkiah mengatakan kabinet baru akan menjabat untuk jabatan 4 tahun. 

Perempuan yang ditunjuk masuk kabinet adalah Romaizah yang menduduki posisi menteri pendidikan.

Sementara menteri-menteri senior mundur dari pemerintahan, seperti Menteri Dalam Negeri Awang Abu Bakar, Menteri Sumber Daya dan Pariwisata Ali, dan Menteri Pembangunan Suhaimi.

Sementara Sultan Hassanal Bolkiah masih menduduki posisi teratas pemerintahan sebagai perdana menteri, sekaligus menjabat menteri luar negeri, menteri pertahanan, serta menteri keuangan dan perekonomian.

Beberapa wajah lama masih masih mengisi kabinet dan menduduki posisi yang sama, seperti Menteri Agama Awang Badaruddin, Wakil Menteri Keuangan dan Perekonomian merangkap Menteri kantor Perdana Menteri Amin Liew Abdullah, Wakil Menteri Luar Negeri Haji Erywan, dan Menteri Kesehatan Mohammad Isham.

Seorang pengamat mengatakan, perombakan Kabinet ini bertujuan untuk menyuntikkan semangat dan energi baru ke pemerintahan sambil menjaga stabilitas di dalam dan luar negeri.

Sultan terakhir merombak kabinetnya pada Januari 2018 untuk masa jabatan 5 tahun. Saat itu beberapa menteri senior diganti.

Sumber: iNews
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »