PILIHAN REDAKSI

Sempat Teriak Minta Tolong, Wanita Tewas Bersimbah Darah di Indekos

BENTENGSUMBAR.COM - Seorang wanita penghuni kamar kos di Kelurahan Pondok Jagung Timur, Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Sela...

Advertorial

Terutang di RS M Djamil Padang, Andre Rosiade Bantu Ibu-Bayi Prematur dari Limapuluh Kota

          Terutang di RS M Djamil Padang, Andre Rosiade Bantu Ibu-Bayi Prematur dari Limapuluh Kota
Terutang di RS M Djamil Padang, Andre Rosiade Bantu Ibu-Bayi Prematur dari Limapuluh Kota
BENTENGSUMBAR.COM - Anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade kerap menjadi tumpuan harapan warga Sumbar yang tengah dalam kesulitan. Hal itu terlihat saat Andre diminta membantu warga Jorong Kampung Muaro, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh, Kecamatan Limapuluh Kota yang bukan berada di daerah pemilihannya (Dapil). Andre tanpa ragu tetap menyalurkan bantuan.

Adalah Yova Yusriza Yanti (41), seorang ibu yang melahirkan prematur 7 bulan melalui operasi di RSUP M Djamil Padang, 8 Mei 2022 lalu yang diberikan bantuan oleh Andre. Informasi didapat Andre dari seorang guru madrasah, Nafrizon Syafril (40) melalui pesan singkat aplikasi WhatsApp (WA). Zon meminta Andre membantu keluarga Yova yang anaknya diberi nama Zhafran Aqila lahir prematur dengan berat 1,3 Kg.

Karena berat badan yang jauh dari ideal, rumah sakit belum membolehkan bayi pulang karena harus dirawat dulu di inkubatur. Sedangkan sang ibu dibolehkan pulang terlebih dahulu ke rumahnya yang tak jauh dari Monumen Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Koto Tinggi. Tapi, keluarga itu diminta menandatangani tanggungan utang pengobatan sekitar Rp42 juta untuk ibu dan anak.

“Kami bingung semuanya, dengan apa akan dibayar utang sebesar itu. Suami saya Awaluddin (47) hanya petani biasa, setelah kami pulang kampung sekitar setahun lalu. Untung saja rumah sakit membolehkan pulang, dan saya mencari bantuan dari sanak famili di kampung,” kata Yova, Senin (30/5/2022), saat didatangi pengurus DPD Gerindra Sumbar ke rumahnya atas instruksi Andre Rosiade yang juga Ketua DPD Gerindra Sumbar.

Yova mengatakan, Sabtu (28/5) mereka sudah dibolehkan membawa anaknya pulang dengan berat terakhir 1,9 Kg, atau naik sekitar 600 gram dari saat lahir. Yova mulai merawat anak pertamanya itu dengan ASI (air susu ibu) yang harus dipaksakan, karena sejak lahir anaknya hanya diberikan susu bantu karena tidak bisa dirawat orang tua.

Tak disangka-sangka, Yova dan Awaluddin beserta keluarganya didatangi Andre Rosiade melalui timnya. Meski harus melalui jarak 160 Km yang ditempuh sekitar 4,5 jam, tim menyampaikan amanah langsung dari Andre Rosiade yang juga ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) itu.

Bantuan langsung diterima keluarga Yova dan suami yang bisa digunakan untuk biaya perawatan anak di rumah atau di rumah sakit sebelumnya.

“Alhamdulillah, terima kasih pak Andre Rosiade. Kami tak tahu bagaimana akan membalasnya, semoga pak Andre sehat dan sukses selalu,” kata Yofa dan keluarganya di rumah sangat sederhana saat didatangi Wakil Ketua DPD Gerindra Sumbar Nurhaida dan Wakil Sekretaris Zulkifli.

Nafrizon Syafril, guru Mandarasah Ibtidaiyah Jabal Nur di Koto Tinggi mengaku sangat bahagia dengan bantuan dan kedatangan tim Andre Rosiade. 

“Kami mewakili dari pihak keluarga, Yofa di Jorong Kampung Muaro, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh mengucapkan terima kasih yang terhingga kepada bapak Andre Rosiade, anggota DPR RI,” katanya.

Dia menyebutkan, Andre Rosiade telah memperlihatkan kepeduliannya kepada salah seorang masyarakat Limapuluh Kota, yang sedang mengalami kesulitan biaya. Yaitu setelah operasi melahirkan di RSUP M Djamil Padang. Saat ini pihak keluarga memang berutang di RS M Djamil sekitar Rp40 juta.

“Alhamdulillah, berkat pak Andre Rosiade yang telah membantu agar tersedianya pelayanan terbaik, kemudian juga memberikan bantuan uang. Saat ini, ibu dan anak sudah di rumah. Kami doakan, mudah-mudahan bapak Andre Rosiade sukses lahir dan bathin beserta keluarga. Terutama, kami berharap, semoga bapak Andre Rosiade siap memimpin Sumbar menjadi Gubernur tahun 2024,” katanya.

Nurhaida yang juga Sekretaris PD PIRA (Perempuan Indonesia Raya) Sumbar menyebutkan, awalnya mereka diminta menyerahkan bantuan di RSUP M Djamil Padang. Namun ternyata, yang ada hanya bayi dari Yova. “Kami akhirnya menunggu sampai bayi pulang dan menyerahkan bantuan di rumahnya. Alhamdulillah, bantuan telah sampai,” kata Nurhaida.

Andre Rosiade mengaku prihatin dengan kondisi Yova yang anaknya sempat dirawat intensif di M Djamil sekitar 20 hari. Dia berharap, bayi selalu mendapatkan penanganan dan perawatan terbaik sampai dalam kondisi normal. “Kami bantu semampunya dan doakan ibu dan bayi selalu dalam keadaan sehat,” kata anggota Komisi VI DPR RI ini. (*)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »