Advertorial

Daerah

Bukti Perhatian dan Keberpihakan Pemko Sawahlunto Pada Dunia Pendidikan, Hampir 900 Orang Mahasiswa Terima Penghargaan Prestasi

          Bukti Perhatian dan Keberpihakan Pemko Sawahlunto Pada Dunia Pendidikan, Hampir 900 Orang Mahasiswa Terima Penghargaan Prestasi
Bukti Perhatian dan Keberpihakan Pemko Sawahlunto Pada Dunia Pendidikan, Hampir 900 Orang Mahasiswa Terima Penghargaan Prestasi
BENTENGSUMBAR.COM - Pemko Sawahlunto kembali memberikan penghargaan (reward) untuk mahasiswa berprestasi dari kota itu.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta, pada Rabu 20 Juli 2022, menyampaikan pada penyerahan penghargaan untuk  semester ganjil ini diberikan kepada total 851 mahasiswa.

"Penghargaan ini dibagi dalam  tiga kategori, yakni mahasiswa/i dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan Indeks Prestasi Semester diatas 3,25 diterima oleh 683 orang, kemudian mahasiswa/i dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan Indeks Prestasi Semester diatas 3,50 diterima oleh 160 orang, setelah itu mahasiswa/i dari keluarga miskin yang berkuliah di PTN atau PTS dengan Indeks Prestasi Semester diatas 3,10 diterima oleh delapan orang," ujar Wali Kota Deri Asta merinci, usai penyerahan penghargaan tersebut secara simbolis kepada perwakilan mahasiswa penerima.

Untuk jumlah uang dari penghargaan itu disampaikan oleh Wali Kota Deri Asta yaitu sebesar satu juta rupiah/orang untuk kategori mahasiswa/i dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan Indeks Prestasi Semester diatas 3,25  dan mahasiswa/i dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan Indeks Prestasi Semester diatas 3,50. 

"Sedangkan untuk kategori  mahasiswa/i dari keluarga miskin yang berkuliah di PTN atau PTS dengan Indeks Prestasi Semester diatas 3,10 itu menerima sebesar Rp2.500.000,-/orang," kata Wali Kota Deri.

Kemudian disebutkan Wali Kota Deri Asta bahwa untuk pemberian penghargaan bagi mahasiswa berprestasi di semester genap dijadwalkan pada Oktober mendatang.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Deri mengatakan pada penghargaan yang diserahkan tahun ini ada keunikannya yaitu karena disinergikan dengan program Kartu Sawahlunto Pintar yang berkerjasama dengan Bank Nagari.

"Jadi sekarang uang penghargaan untuk mahasiswa kita ini ditransfer ke rekening masing-masing dan dapat diambil menggunakan Kartu Sawahlunto Pintar. Untuk mengaktifkan kartu dan petunjuk teknis lainnya, silahkan para mahasiswa penerima datang ke kantor-kantor Bank Nagari terdekat di Sawahlunto," kata Wali Kota Deri.

Wali Kota Deri Asta mengatakan pemberian penghargaan kepada mahasiswa berprestasi ini merupakan bagian dari penerjemahan salah satu misi Pemko  Sawahlunto yaitu "mewujudkan pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan SDM yang beriman, kreatif dan berdaya saing tinggi". 

"Alhamdulilah, dari data kita itu tercatat jumlah mahasiswa Sawahlunto yang mendapatkan Indeks Prestasi Semester diatas tiga itu terus bertambah setiap tahun. Kami yakin ini menunjukkan anak-anak Sawahlunto itu cerdas dan unggul, serta semakin termotivasi saat Pemkot hadir mengapresiasi prestasi mereka," kata Wali Kota Deri Asta.

Kepala Dinas Pendidikan Asril mengatakan program prioritas Pemko Sawahlunto dibidang pendidikan tidak hanya pada penghargaan untuk mahasiswa berprestasi ini. 

"Masih banyak program lain untuk pendidikan, antara lain ; bantuan seragam gratis untuk siswa baru SD dan SMP, penghargaan bagi siswa berprestasi SD sampai SMA dan penghargaan bagi hafiz Quran SD dan SMP," kata Asril.

Asril melanjutkan bagi mahasiswa selain penghargaan bagi mahasiswa berprestasi, Pemko Sawahlunto juga membangun kampus Program Studi Di luar Kampus Utama (PSDKU) UNP, dimana pada 2022 dialokasikan sejumlah lima miliar rupiah.

"Sekarang PSDKU UNP yang dibangun di Sawahlunto membuka pendaftaran mahasiswa baru dengan empat jurusan, yakni teknik alat berat, teknik pertambangan, PGPAUD dan PGSD," ujar Asril merinci.

Sebelumya kata Asril, Pemko Sawahlunto juga telah dan terus memberikan penghargaan berupa uang kepada pelajar SMA sederajat di kota itu yang lulus diterima di Perguruan Tinggi Negeri, Swasta dan favorit dengan akreditasi A dan B. 

"Intinya perhatian dan keberpihakan Pemko Sawahlunto pada pendidikan, untuk membantu meringankan orang tua dalam biaya sekolah atau kuliah anak itu telah ditunjukkan melalui program-program ini," kata Asril. (Chie)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »