Advertorial

Daerah

Gerak Cepat Satgas TRC-PB BPBD Padang Pariaman Bantu Warga Tertimpa Musibah

          Gerak Cepat Satgas TRC-PB BPBD Padang Pariaman Bantu Warga Tertimpa Musibah
Gerak Cepat Satgas TRC-PB BPBD Padang Pariaman Bantu Warga Tertimpa Musibah
BENTENGSUMBAR.COM - Gerak Cepat kehadiran Satgas TRC-PB BPBD Padang Pariaman pada Jum’at (15/07) pukul 07.15 WIB mendapat sambutan hangat dari warga yang tertimpa musibah pohon tumbang di Korong Bukit Jariang Padang Jambu Nagari Guguak Kuranji Hilir Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar.

Angin kencang yang disertai hujan pada hari Kamis (14/07) pukul 19.00 WIB mengakibatkan pohon tumbang dan menimpa rumah warga bernama Yulinar, 52 Tahun, pedagang. 

Pohon tumbang juga mengenai kabel dan tiang listrik PLN, sehingga membuat lampu padam beberapa jam di Nagari Guguak Kuranji Hilir. 

Rumah tersebut dihuni oleh 3 orang, yakni: Yulinar sebagai Kepala Keluarga, ibu kandung Yulinar serta seorang anak. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. 

Seluruh penghuni rumah mengungsi ke rumah saudara Yulinar yang berada tidak jauh dari rumahnya.

Yulinar menjelaskan kepada pewarta media ini, "Ambo (Minang: saya) sedang ambil wudhu' mau shalat Maghrib. Tiba-tiba terdengar bunyi yang keras seperti pohon tumbang. Pas dilihat ke depan, kamar depan dan teras hancur ditimpa pohon durian dan kelapa. Bersyukur anak dan gaek (Minang: ibu kandung) berada di tengah rumah."

Wali Korong Bukit Jariang Padang Jambu, Fauzan pada malam itu juga cepat tanggap membuat laporan kepada pihak BPBD Kabupaten Padang Pariaman.

Sebelum sampai di lokasi musibah, Satgas TRC-PB BPBD melakukan koordinasi dengan Wali Nagari Guguak Kuranji Hilir, M. Sahur dan Wali Korong, Fauzan. Kerugian materil diperkirakan sebesar Rp.10 juta.

Dalam mengevakuasi dan membersihkan pohon serta reruntuhan puing-puing rumah Yulinar, Satgas TRC-PB BPBD dibantu oleh warga Paingan secara bergotong royong.

Kabid Rehabilitasi Rekonstruksi BPBD, Yendri Munir menjelaskan kepada pewarta media ini bahwa “Jika ada warga masyarakat yang mendapat musibah segera lapor ke PUSDALOPS-PB BPBD Padang Pariaman. Nomor HP/WA yang dapat dihubungi 24 jam kerja adalah 08116662114. Selain laporan lisan/ tertulis, kami juga minta dikirimkan foto-foto awal terkait musibah dimaksud sebagai laporan kepada pimpinan.”

TRC – Tim Reaksi Cepat BPBD yang dipimpin oleh Zulzadi berjumlah 15 orang.

Laporan: H. Ali Akbar
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »