Menjaga Kelestarian Lingkungan, Ketua DPRD Sumbar Supardi Dianugrahi Nirwasita Tantra tahun 2022

BENTENGSUMBAR.COM - Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Supardi menerima Penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Jakarta, Rabu (20/7). Atas penghargaan tersebut, Supardi berkomitmen untuk mempertahankannya pada tahun 2023

"Penghargaan Nirwasita Tantra telah diberikan beberapa kali kepada DPRD Sumbar, artinya pemerintah pusat mengapresiasi upaya-upaya kita untuk menjaga kelestarian lingkungan. Tidak hanya kelestarian, namun juga pengelolaan berbagai jenis limbah, mulai dari rumah tangga, medis hingga pabrik," katanya Supardi saat diwawancarai usai penyerahan penghargaan tersebut.

Dia mengatakan rata-rata kabupaten/kota di Sumbar sangat peduli akan kelestarian lingkungan yang masuk didalamnya hutan. Beberapa kota di Sumbar juga mendapatkan penghargaan yang sama dari KLHK, salah satunya Kota Payakumbuh.

"Meski mendapatkan penghargaan, masih ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan terhadap pengelolaan lingkungan seperti illegal logic dan masih banyak lagi," katanya 

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar juga menerima penghargaan tersebut. 

Supardi menjelaskan, penghargaan Nirwasita Tantra merupakan program KLHK atas komitmen pemerintah daerah dan DPRD dalam menjaga kualitas lingkungan hidup di daerah.

Kementerian LHK menilai dukungan dan kebijakan daerah, pemerintah dan DPRD Provinsi Sumbar menunjukkan komitmen tersebut.

"Komitmen tersebut, kami pemerintah daerah dan DPRD, juga diimplementasikan melalui berbagai inovasi dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan yang ada," ujarnya. 

Dia menambahkan,  penghargaan diberikan tentunya melalui berbagai indikator penilaian dengan standar kualitas terbaik. 

Untuk itu, ia berharap agar Nirwasita Tantra atau Greenleadership dari Kementerian LHK menjadi motivasi bagi Sumbar dalam meningkatkan kualitas lingkungan hidup. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Siti Aisyah dihubungi dari Padang, mengatakan penghargaan Nirwasita Tantra kepada Ketua DPRD Sumbar Supardi diserahkan langsung Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Alue Dohong.

Sedangkan Penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2022 diberikan kepada 42 pemimpin daerah terbaik yang dibedakan dalam kategori provinsi, kabupaten besar, kabupaten sedang, kabupaten kecil, kota besar, kota sedang dan kota kecil. Tiap kategori diberikan kepada 3 kepala daerah terbaik, 3 DPRD terbaik, dan 5 pemerintahan terbaik.

"Tim dari KLHK menilai Gubernur dan Ketua DPRD memiliki komitmen yang kuat dalam menjaga kualitas lingkungan hidup," katanya.

Menurutnya komitmen dari kepala daerah itu juga diuji oleh tim panelis independen saat mempresentasikan data capaian dan inovasi berkaitan isu lingkungan di daerah.

Dia mengatakan dalam beberapa tahun terakhir Sumbar selalu masuk tiga besar dalam penilaian Green Leadership dari KLHK. 

Penghargaan tahun 2022 ini adalah penghargaan dari penilaian yang dilaksanakan pada 2021

Selain itu lima kota di Sumbar juga menerima penghargaan Green Leadership dan Nirwasita Tantra pada 2022. 

Daerah itu diantaranya Kota  Payakumbuh, Kota Padang Panjang, Kota Padang, Kota Solok dan Kota Bukittinggi.

Laporan: Novrianto Ucoxs

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »