Meski Pemerintah Tetapkan Iduladha 10 Juli, Sejumlah Pejabat Tinggi Negara Diduga Tidak Mengikuti dan Ikut Iduladha 9 Juli

BENTENGSUMBAR.COM - Pemerintah menetapkan hari raya Iduladha dan penyembelihan hewan kurban jatuh pada hari Minggu, 10 Juli 2022, atau 10 Zulhijah 1443 H.

Kepetusan tersebut diambil melalui Sidang Isbat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) di Jakarta, Rabu malam (29/6/2022).

Umat Muslim tahun ini mengalami perbedaan dalam merayakan Iduladha, 10 Zulhijah 1443 H. 

Karena PP Muhammadiyah sebelumnya telah menetapkan Iduladha 1443 H jatuh pada hari Sabtu, 9 Juli 2022.

Arab Saudi juga menetapkan IdulAdha 9 juli, wukuf di Arafah pada tanggal 8 Juli.

Nah, ini menarik, ternyata ada sejumlah pejabat tinggi negara ini diduga tidak mengikuti apa yang sudah ditetapkan pemerintah, yakni IdulAdha 10 Juli dan ikut Iduladha 9 Juli.

Sejumlah pejabat tinggi itu tidak main-main. Yang diduga tidak mengikuti penetapan pemerintah tersebut posisinya sangat tinggi.

Mereka itu antara lain, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi, Dirjen Urusan Haji, dan lainnya, karena menunaikan ibadah haji. 

Kemungkinan juga anggota DPR Komisi VIII yang meninjau pelaksanaan jemaah haji Indonesia di Mekkah.

Terkait hal itu, mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring sudah cukup lama menyentil lewat cuitannnya di twitter 30 Juni 2022.

"Saudi Arabia putuskan Wuquf tgl 8 Juli, Iedul Adha tgl 9 Juli 2022. Kemenag RI putuskan Iedul Adha tgl 10 Juli. Tapi kalau Menag atau staff Kemenag ikut laksanakan haji tahun ini, mereka pasti akan ikuti Saudi tgl 9 Juli. “Al-Hajju Al-‘Arafah, kok beda?" tulis @tifsembiring.

Kalau mengikuti cuitan Tifatul ini, maka Menag Yaqut dan Wamenag Zainut Tauhid, bahkan juga Wapres KH Ma'ruf Amin, tidak mengikuti apa yang ditetapkan pemerintah, yakni Iduladha 10 Juli.

Sumber: Poskota

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »