Advertorial

Daerah

Muslim Indonesia, Malaysia, Thailand hingga Singapura Rayakan Idul Adha 10 Juli

          Muslim Indonesia, Malaysia, Thailand hingga Singapura Rayakan Idul Adha 10 Juli
Muslim Indonesia, Malaysia, Thailand hingga Singapura Rayakan Idul Adha 10 Juli
BENTENGSUMBAR.COM - Umat Islam di beberapa negara ASEAN akan merayakan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah secara serempak. Negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand hingga Singapura akan merayakan Hari Raya ini pada 10 Juli 2022.

Negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia seperti dijelaskan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid mengatakan bahwa 1 Dzulhijjah 1443 Hijriyah jatuh pada 1 Juli, maka Hari Raya Idul Fitri akan dirayakan pada 10 Juli. 

Seperti diketahui, Muslim membentuk hampir 90 persen dari 270 juta penduduk Indonesia.

Sementara, Mufti Singapura Nazirudin Mohd Nasir mengatakan, berdasarkan perhitungan astronomi, hilal tidak mungkin terlihat di atas cakrawala Singapura saat matahari terbenam pada Rabu kemarin.

“Ini menandakan bahwa Kamis akan menjadi akhir dari 30 hari Zulkaedah,” katanya dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan di situs web Dewan Agama Islam Singapura (MUIS) dilansir dari Bernama, Kamis (30/6/2022).

Oleh karena itu, ia mengatakan hari pertama bulan Dzulhijjah 1443 hijriah di Singapura jatuh pada hari Jumat, 1 Juli 2022 dan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada hari Ahad 10 Juli 2022.

“Semoga semua amal baik kita di bulan suci Zulhijjah ini diterima dan semoga Idul Adha diberkati, dengan pemahaman tentang apa arti pengorbanan yang sebenarnya,” kata Dr Nazirudin.

Sementara di Bangkok, Sheikhul Islam Thailand Aziz Phitakkumpon juga mengumumkan bahwa Hari Raya Idul Adha akan jatuh pada 10 Juli. 

"Semua Muslim di Thailand telah diminta untuk menjalankan kewajiban agama mereka pada hari itu," katanya dalam sebuah pernyataan.

Adapun Muslim di Malaysia juga akan merayakan Idul Adha pada 10 Juli, menurut asisten sekretaris Konferensi Penguasa Mohd Aseral Jusman.

“Sesuai dengan perintah Yang di-Pertuan Agong, atas persetujuan Penguasa, atas nama Penjaga Segel Penguasa, dengan ini saya nyatakan bahwa 1 Dzulhijjah 1443 Hijriyah jatuh pada Jumat, 1 Juli 2022," katanya.

"Dengan demikian, Idul Adha untuk negara bagian di Malaysia adalah pada Ahad, 10 Juli 2022," tambahnya.

Sumber: Republika
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »