Advertorial

Daerah

Pemko Pariaman Terima 100 Mahasiswa KKN-Reguler UNAND Tahun 2022

          Pemko Pariaman Terima 100 Mahasiswa KKN-Reguler UNAND Tahun 2022
Pemko Pariaman Terima 100 Mahasiswa KKN-Reguler UNAND Tahun 2022
BENTENGSUMBAR.COM - Pemerintah Kota Pariaman menerima 100 mahasiswa/i Kuliah Kerja Nyata  (KKN) Reguler Universitas Andalas (UNAND) yang tersebar di empat kecamatan di Kota Pariaman. Sebanyak 100 mahasiswa/i diterima Asisten I Sekretariat Daerah Kota Pariaman Yaminurizal di Aula Balaikota Pariaman, Selasa (26/7).

Dalam sambutannya, Yaminurizal mengucapkan terima kasih kepada  UNAND yang memilih Kota Pariaman sebagai salah satu daerah pelaksanaan KKN-Reguler UNAND.

“Selamat datang juga kita ucapkan kepada para mahasiswa yang akan melakukan pengabdian di beberapa desa di Kota Pariaman. KKN merupakan salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa yang bertujuan untuk mengabdikan ilmunya di luar kampus dan belajar mandiri. Untuk itu, kita berharap semua mahasiswa melakukan yang terbaik sesuai dengan keahlian masing – masing, “ ungkapnya.

Program KKN-Reguler dilaksanakan untuk melatih mahasiswa  menerapkan ilmu yang dimiliki kepada masyarakat atau proses alih teknologi sehingga diharapkan terjadinya perubahan pengetahuan, keterampilan dan sikap masyarakat agar mau dan mampu mengindentifikasi sekaligus memecahkan masalah yang dihadapi, sehingga ilmu yang dimiliki tidak hanya berguna untuk diri sendiri tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat luas terutama di desa.

“Masyarakat kita sedang dihadapi dengan berbagai kesulitan. Oleh karena itu diperlukan pendekatan persuasif dan edukatif agar dapat terhindar dari berbagai perangkap tindakan. Disini mahasiswa  dituntut bijak dalam mengoptimalkan potensi yang ada, sehingga keberadaan para mahasiswa benar – benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar. Tidak hanya itu, yang terpenting, cerminkan sikap baik dan budi pekerti yang patut ditiru sehingga nama baik UNAND akan selalu terjaga, “ tambahya.

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UNAND Nila Kasuma saat memberikan sambutan mengatakan bahwa KKN- Reguler yang diikuti 100 mahasiswa ini merupakan kegiatan pertama para mahasiswa terjun ke masyarakat.

“Karena ini untuk pertama kalinya bagi para mahasiswa, kita meminta agar para mahasiswa harus bersikap ramah dan sopan. Untuk itu, kita meminta arahan dan panduan dari Dinas terkait, Camat dan Desa. Kota Pariaman merupakan salah satu kota yang masih kental adat istiadatnya, jadi jangan sampai pihak UNAND mendapatkan laporan atas sikap yang tidak baik para mahasiswa selama melakukan KKN-Reguler, “ ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa pihaknya siap memberikan resiko kepada mahasiswa yang ketahuan tidak mengabdi ke desa tersebut. Nantinya kami akan memberikan sanksi sehingga tidak akan ada yang berani melakukan hal tersebut.

“Semoga saja mahasiswa yang telah diserahkan ke Pemko Pariaman ini, mampu memberikan yang terbaik di tengah – tengah masyarakat sehingga kehadiran mereka, mampu memberikan kesan positif dan yang luar biasa bagi desa dan masyarakat setempat,” tutupnya.(wi/AT)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »