Ponpes Kauman Gelar Gebyar Muharam

BENTENGSUMBAR.COM - Menyambut Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah, Pondok Pesantren (Ponpes) Kauman Muhammadiyah menggelar kegiatan kebahasaan, keagamaan dan olahraga yang terangkum dalam agenda Gebyar Muharram Kauman Cup 3, Sabtu (30/7).

Mudir Ponpes, Dr. Derliana, M.A,  menyampaikan, kegiatan ini telah berlangsung selama tiga tahun. Dalam kurun waktu itu, pihaknya telah menemukan kader-kader terbaik untuk selanjutnya diutus dalam pagelaran serta lomba-lomba sesuai bidang yang digeluti santri.

"Kegiatan ini juga sebagai bentuk ajang pencarian bakat dari santri. Alhamdulillah, selama tiga tahun berjalan kita telah banyak menuai prestasi-prestasi yang prestisius. Tinggal saat ini peningkatan kualitas dan kuantitas yang perlu kita kuatkan lagi ke depannya," jelasnya.

Ketua pelaksana Gebyar Muharram, Asraful Hadi Rasfa mengatakan, tahun ini panitia berupaya menghadirkan sesuatu yang berbeda untuk tampilan kegiatan. 

"Secara umum, sama seperti kegiatan dua tahun lalu. Hanya saja perbedaan terletak kepada sistem penilaian dan juri. Kalau dua tahun lalu juri setiap cabang lomba adalah santri kelas XII, namun tahun ini kita hadirkan dewan juri dari pihak luar dan guru-guru yang kompeten di bidangnya," terangnya.

Dijelaskannya, lomba ada tiga kategori. Lomba bidang bahasa, keagamaan dan olahraga. Bidang bahasa, menampilkan lomba Scrabble atau teka teki silang bahasa Inggris, penulisan cerpen, pembuatan poster. Bidang keagamaan ada lomba pidato, Cerdas Cermat 30 Juz. Untuk bidang olahraga ada pertandingan bola voli, tenis meja dan futsal.

Dihadiri seluruh organisasi yang berada di bawah naungan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), pembukaan kegiatan berlangsung khidmat dan meriah. 

Adapun organisasi-organisasi tersebut adalah Sanggar Menulis Santri (SMS), Kauman Language Centre (KLC), Hizbul Wathan, Tapak Suci Putera Muhammadiyah, Komunitas Tahfiz, Kauman FC.

"Ke depannya kegiatan serupa akan dilaksanakan dengan mengundang beberapa ponpes yang ada di Padang Panjang, Batipuah, X Koto (Pabasko)," ungkapnya. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »