Advertorial

Daerah

Sarana Dilengkapi, Pemko Ajak Warga Peduli Kebersihan

          Sarana Dilengkapi, Pemko Ajak Warga Peduli Kebersihan
Sarana Dilengkapi, Pemko Ajak Warga Peduli Kebersihan
BENTENGSUMBAR.COM – Pemerintah Kota Padang telah melengkapi sarana kebersihan. Seperti kontainer sampah, becak motor, dan lainnya. Warga diajak untuk peduli kebersihan lingkungan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang Mairizon, mengatakan saat ini sudah terdapat 127 Tempat Pembuangan Sementara (TPS). TPS tersebut tersebar di seluruh kecamatan dan kelurahan. 

“Kita juga memiliki 155 unit kontainer yang ditempatkan di sejumlah titik,” sebutnya, Senin (11/7/2022). 

Selain kontainer sampah, Pemko Padang juga telah menyiapkan 233 becak motor. Becak motor itu merupakan hibah kepada masyarakat.

“Becak motor tersebut dengan swadaya masyarakat ditujukan untuk mengangkut sampah dari rumah ke TPS. Dengan mekanisme seperti itu, kita harapkan tidak ada lagi sampah yang dibuang sembarangan,” kata Mairizon. 

Diakui Mairizon, meski sarana sudah dilengkapi, akan tetapi masih ada yang menolak ketika personil DLH meletakkan kontainer sampah dekat dengan pemukimannya. 

Sementara itu, ada juga yang enggan meletakkan sampah di kontainer yang ditaruh jauh dari pemukiman penduduk. 

“Di sini dilemanya, bahkan ketika diberikan becak motor, ada juga yang menolak untuk berkontribusi untuk biaya operasional,” sebutnya. 

Kepala DLH mengajak warga untuk lebih peduli terhadap kebersihan. Membuang sampah ke kontainer pada waktu yang telah ditetapkan. 

Hal ini sesuai dengan amanat Perda Kota Padang Nomor 21 Tahun 2012, dimana petugas DLH bertugas mengangkut sampah dari TPS ke TPA.

Sedangkan masyarakat bertugas mengantarkan sampahnya ke TPS dengan dukungan alat angkut yang disediakan, namun operasional merupakan swadaya masyarakat.

Laporan: Charlie Ch. Legi
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »