Tepati Janji, Andre Rosiade Kunjungi Jamaah Haji Sumbar di Tenda Mina

BENTENGSUMBAR.COM - Anggota DPR RI Andre Rosiade menetapi janjinya mengunjungi jamaah haji asal Sumbar di tenda Mina, Mekkah, Arab Saudi, Minggu (10/7/2022) malam. Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra itu memasuki tenda Mina tepatnya di maktab 28 dan 29. Andre kembali dapat berdialog dengan para jamaah yang berkumpul di sejumlah tenda.

“Alhamdulillah, Minggu malam, 10 Juli 2022 atau 11 Dzulhijjah setelah shalat Isya, kami Andre Rosiade mengunjungi jamaah haji Indonesia asal Sumbar di maktab 29. Kami bertemu 158 orang jamaah Sumbar dari Kabupaten Dharmasraya,” kata Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini, Senin (11/7).

Andre Rosiade didampingi Junaindra Sumawan, jamaah haji yang juga Wakil Ketua DPC Partai Gerindra Dharmasraya berdialog dan mendapatkan informasi soal jamaah. Jamaah berada dalam kondisi sehat dan begitu bersemangat menjalankan ibadah haji tahun ini, yang tertunda dua tahun lamanya.

Salah satu jamaah, H Ismail Yunus yang juga Wali Nagari Simalidu, Kecamatan Koto Salak, Kabupaten Dharmasraya mengucapkan terima kasih banyak atas perhatian Andre Rosiade yang telah mengunjungi serta membawa bingkisan untuk semua jamaah haji Dharmasraya. “Alhamdulillah, terima kasih pak Andre Rosiade,” katanya.

Jamaah lainnya, H Tarmizi, asal Kecamatan Asam Jujuhan, Kabupaten Dharmasraya mengaku terkejut dan sangat senang atas kunjungan anggota DPR RI ini. Dia tak menyangkan akan bertemu Andre Rosiade di Mekkah. “Alhamdulillah, beliau juga akan menanggung makan siang kami di hotel, karena kami mengambil nafar awal,” katanya.

H Junaindra Sumawan menambahkan, Andre Rosiade memang seorang tokoh Sumbar yang sangat diterima di manapun berada. Bahkan, saat di Mekkah pun, begitu banyak jamaah yang berharap kepada Andre. “Bang Andre adalah  pemimpin kita. Kami dengar banyak doa dan harapan dari jamaah asal Sumbar kepadanya,” kata Ketua HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Dharmasraya ini.

Usai bertemu jamaah haji asal Dharmasraya, Andre Rosiade melanjutkan ke maktab 28 didampingi Ketua Kloter 02 Padang Amar Albar Antoni. Di sana, Andre kembali bertemu dengan jamaah haji asal Sumbar dari Kota Padang dan Kabupaten Tanahdatar.

“Ini adalah janji kami waktu mengunjungi jamaah haji asal Sumbar, Rabu siang 6 Juli tepatnya usai shalat Zuhur waktu Mekkah. Alhamdulillah, bisa kembali bertemu dan memastikan semua jamaah sehat wal afiat. Kami doakan semua menjadi haji yang mabrur,” kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Sesuai aspirasi jamaah, kata Andre, rencanananya pada 13 Dzulhijjah atau 12 Juli 2022 Andre diminta menyiapkan makan siang untuk jamaah yang sudah kembali dari tenda di Mina ke hotel tempat mereka menginap di Mekkah. “Ini sebuah amanah bagi kami dan insya Allah akan dilaksanakan dengan baik,” kata Andre Rosiade.

Andre Rosiade kembali meyebut, pertemuannya itu hanya berdialog dan bersilaturahmi sebagai anggota DPR asal Sumbar yang bertemu masyarakat Sumbar di Arab Saudi. Pertemuan itu juga dijadikan ajang bertukar pesan dan kabar dengan jamaah lainnya. 

“Kami mendoakan semua dimudahkan dalam menjalankan ibadah. Dan kalau ada masalah jangan ragu menyampaikan kepada kami. Tidak hanya saat di hotel seperti sekarang, tapi juga saat sudah pindah ke maktab nantinya,” kata Anggota Komisi VI DPR RI. 

Seperti diketahui total jamaah haji yang berangkat melalui embarkasi Padang pada 2022 berjumlah 2.883 orang terdiri atas 8 kloter. Dari 2.883 orang tersebut sebanyak 2.106 berasal dari Sumatera barat, 747 dari Bengkulu dan petugas haji 30 orang.

Kepala Kanwil Kemenag Sumbar Helmi mengatakan pihaknya bertekad memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah haji Sumatra Barat. “Kami mengingatkan jamaah haji untuk menjaga imunitas agar maksimal beribadah di Tanah Suci dengan menjaga pola makan, dan mengatur waktu dengan baik,” katanya. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »