Tingkatkan PAD Melalui Sektor Pariwisata

BENTENGSUMBAR.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman berkomitmen meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor pariwisata. Pasalnya, sektor pariwisata merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat yang dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan  Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi (rakor) Kepariwisataan di Hall IKK Kawasan Parit Malintang, pada Rabu (27/07).

Dalam arahannya, Suhatri Bur yang didampingi  Wakil Bupati Rahmang dan Sekda Rudy R. Rilis ini mengatakan, salah satu upaya untuk membangun kemandirian ekonomi dan kesejahteraan masyarakat adalah melalui sektor pariwisata, yakni melalui daya dukung sektor primer dan jasa berbasis pemberdayaan masyarakat

Ia menambahkan, Kabupaten Padang Pariaman memiliki 140 Daya Tarik Wisata (DTW) yang tersebar di 17 Kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman, dengan 6 Daya Tarik Wisata Unggulan (DTWU). Salah satu DTWU Padang Pariaman yang sudah mendunia yaitu Ekowisata Nyarai.

Dalam pengembangan wisata tersebut, konsep yang dinilai tepat untuk Kabupaten Padang Pariaman adalah melalui community based tourism (CBT) yaitu wisata berbasis masyarakat, dimana pembangunan pariwisata berkelanjutan melalui pemberdayaan masyarakat dalam berbagai kepariwisataan. Salah satunya dengan pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

“Saat ini kita memiliki 32 Pokdarwis yang sudah di SK-kan oleh wali nagari dan 12 desa wisata yang sudah di SK-kan oleh Bupati Padang Pariaman,” terangnya.

Lebih lanjut, Suhatri Bur mengatakan, dalam pengembangan daya tarik wisata tersebut tidak dapat dilakukan oleh satu pihak saja. Melainkan dibutuhkan kolaborasi bersama antara pemangku kepentingan, baik itu OPD, Nagari, maupun masyarakat.

“Mari bersama kita turun tangan dan saling bergandengan untuk mewujudkan desa wisata yang unggul di Kabupaten kita sehingga Padang Pariaman Berjaya melalui sektor wisata dapat terwujud,” ajaknya.

Sebelumnya, Kabag Kesra Azwarman dalam laporannya mengungkapkan hal yang serupa. Melalui rakor ini diharapkan agar seluruh pemangku kepentingan saling bersinergi dalam memajukan pariwisata Kabupaten Padang Pariaman.

Rakor yang merupakan kolaborasi bersama antara Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) dan Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga ini dilanjutkan dengan penandatangan komitmen bersama pemangku kepentingan dalam pembenahan objek wisata di Kabupaten Padang Pariaman.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Doni Hendra dan Kepala Dinas Parpora Kabupaten Padang Pariaman Muhammad Fadhly.

Turut dihadiri Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Kepala Bagian, Camat, Kepala Cabang Bank Nagari Lubuk Alung, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa di Lingkungan Kabupaten Padangg Pariaman dan Wali Nagari Se-Kabupaten Padang Pariaman. ( IKP/AT)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »