Advertorial

Daerah

Keltan Terima Alsintan, Padang Serius Terhadap Pertanian, Didi Aryadi: Kami Mengucapkan Terimakasih Kepada Pak Hermanto

          Keltan Terima Alsintan, Padang Serius Terhadap Pertanian, Didi Aryadi: Kami Mengucapkan Terimakasih Kepada Pak Hermanto
Keltan Terima Alsintan, Padang Serius Terhadap Pertanian, Didi Aryadi: Kami Mengucapkan Terimakasih Kepada Pak Hermanto
BENTENGSUMBAR.COM - Wali Kota Padang terus serius terhadap pertanian di daerahnya. Terbukti, sejumlah kelompok tani di Padang mendapat bantuan alat mesin pertanian (Alsintan). Bantuan tersebut diserahkan, Jumat (26/8/2022). 

"Kami mengucapkan terimakasih kepada pak Hermanto yang betul-betul peduli kepada petani," ujar Asisten II Setdako Didi Aryadi saat mewakili Wali Kota Padang di Kantor Dinas Pertanian Kota Padang di Sungai Lareh. 

Bantuan alsintan datang dari anggota DPR RI dapil Sumatera Barat, Hermanto. Bantuan tersebut diantaranya, hand traktor dan hand sprayer. Tidak itu saja, anggota DPR RI itu juga menggelontorkan dana hibah bagi kelompok tani di Padang.

Dijelaskan Asisten II, sebenarnya Kota Padang luasnya cukup besar dibandingkan DKI Jakarta. Lahan pertanian pun juga cukup luas di Padang. Karena itu, Kota Padang menjadi daerah yang produksi pertaniannya cukup banyak. 

"Meski di masa resesi, akan tetapi sektor pertanian tidak terganggu sedikit pun. Sektor pertanian dapat berdiri sendiri. Karena itu Padang merupakan daerah yang betul-betul serius terhadap pertanian," ujar Didi Aryadi. 

Bukti keseriusan Kota Padang terhadap sektor pertanian yakni tetap mampu bertahannya Dinas Pertanian menjaga Lahan Sawah Dilindungi (LSD). Karena Padang memang berharap dapat terus swasembada pangan. 

"Lewat bantuan ini kita harapkan produksi pertanian lebih baik," tutur Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan itu. 

Anggota DPR RI Hermanto menyerahkan langsung bantuan kepada seluruh kelompok tani yang dibantu. Pada saat itu, dua hand traktor diberikan. Sebanyak 15 hand sprayer juga diserahkan. Termasuk uang hibah sebesar Rp750 juta bagi sejumlah kelompok tani. 

"Kita tidak ingin petani berhenti berproduksi, karena itu kita tetap berkomitmen memberikan bantuan kepada petani," ujar Hermanto.

Hermanto sempat menyinggung terkait kenaikan harga sejumlah bahan pokok beberapa waktu belakangan ini. Menurutnya, petani merupakan pihak yang terdampak ketika terjadi kenaikan harga. 

"Lewat bantuan ini kita berharap produksi pertanian terus meningkat. Karena itu kita terus memikirkan bagaimana kita tetap mengalokasikan anggaran untuk petani," bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat menyampaikan terimakasih atas bantuan yang dikucurkan kepada sejumlah kelompok tani di daerahnya. Menurutnya, bantuan ini cukup bernilai besar bagi para petani di saat ini.

"Beratnya beban negara dan berkurangnya subsidi tentu berdampak kepada petani. Lewat bantuan ini tentu akan dirasakan sekali manfaatnya bagi petani. Kami mengucapkan terimakasih atas bantuan ini," kata Syahrial Kamat.

Kadis Pertanian Kota Padang berpesan kepada kelompok tani yang menerima alsintan agar menjaga bantuan supaya tidak rusak. Merawatnya dengan baik dengan harapan dapat meningkatkan produksi pertanian. 

"Kalau bisa setelah ini hand traktor yang didapat bisa 'beranak', satu traktor nantinya bisa menjadi dua traktor, tentunya dengan menyimpan penghasilan pertanian dengan baik," imbaunya. (Charlie Ch. Legi)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »