Advertorial

Daerah

Lomba Finalis Video Cover Lagu Bhineka Tunggal Ika Ciptaan Mahyeldi Tingkat SMA/SMK se Sumbar Digelar, Ini Kata Agus Suherman

          Lomba Finalis Video Cover Lagu Bhineka Tunggal Ika Ciptaan Mahyeldi Tingkat SMA/SMK se Sumbar Digelar, Ini Kata Agus Suherman
Lomba Finalis Video Cover Lagu Bhineka Tunggal Ika Ciptaan Mahyeldi Tingkat SMA/SMK se Sumbar Digelar, Ini Kata Agus Suherman
BENTENGSUMBAR.COM - Forum Bela Negara (FBN) Provinsi Sumatera Barat menggelar Lomba Finalis Video Cover Lagu Bhineka Tunggal Ika Tingkat SMA/SMK se Sumatera Barat, bertempat di Auditorium Istana Gubernur Sumbar, Ahad, 28 Agustus 2022. Kegiatan ini digelar dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 77 tahun 2022.

Ketua Panitia Lomba Finalis Video Cover Lagu Bhineka Tunggal Ika Tingkat SMA/SMK se Sumatera Barat, Drs. Agus Suherman, SH., MH., mengatakan, rencana lomba lagu Bhineka Tunggal Ika Tingkat SMA/SMK se Sumatera Barat sudah melalui diskusi panjang dengan Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi sejak 18 April 2017.

"Lagu Bhineka Tunggal Ika merupakan ciptaan Buya Mahyeldi, Gubernur Sumatera Barat. Lagu ini sarat makna persatuan, walau kita berbeda-beda, tapi kita tetap satu dalam bingkai NKRI, NKRI harga mati," ungkap Agus Suherman. 

Lagu Bhineka Tunggal Ika karya Buya Mahyeldi yang juga Ketua Forum Bela Negara Sumbar, kata Agus Suherman, ternyata mencantol kepada program nasional pemerintah, terutama di bidang pendidikan. 

"Peserta yang ikut ada sekitar 104 yang berasal dari SMA/SMK yang ada di Sumbar," jelas Agus Suherman yang juga Sekretaris Umum Bela Negara Provinsi Sumatera Barat ini.

Tak lupa, Agus Suherman menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut menyukseskan acara tersebut.

"Saya sampaikan terimakasih kepada Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang telah mensuport kegiatan ini. Terimakasih juga kepada kepala sekolah yang ikut berperan dalam suksesnya acara ini, panitia pelaksana yang berasal dari Forum Bela Negara (FBN) dan Himpunan Putra Putri Angkatan Darat (HIPAKAD) dan lainnya," ujar Agus Suherman, yang dikenal sebagai aktivis yang kerap menyuarakan kebenaran di daerah ini.

Menurut rencana, ujar Agus Suherman, kegiatan Grand Video Cover Lagu Bhineka Tunggal Ika Tingkat SMA/SMK se Sumbar akan dibuka oleh Ketua Forum Bela Negara Sumbar Buya Mahyeldi, tapi karena berhalangan, diwakilkan kepada Harneli Bahar.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Barlius mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut, karena sangat penting dalam mewariskan nilai-nilai kebhinekaan kepada generasi muda, terutama pelajar.

"Ini adalah momentum bagi kita semua bagaimana mengenalkan nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika kepada pelajar kita. Bangsa Indonesia ini beragam, baik secara etnis, suku bangsa, budaya dan agama, tapi bersatu dalam bingkai NKRI," ujarnya.

Tak hanya itu, Barlius mengatakan, kegiatan ini juga mengajarkan kepada generasi muda agar tidak tercabut dari akar sejarah.

"Hanya dua bangsa di Asia ini yang merdeka dengan perlawanan angkat senjata, yaitu Indonesia dan Vietnam. Negara lain merdeka karena dikondisikan penjajah," cakapnya.

Harneli Bahar saat membuka kegiatan secara resmi mengatakan, lagu Bhineka Tunggal Ika ini kita resapi, merinding bulu kuduk semua orang.

"Sebab, kita sebagai bangsa yang beragam bersatu dalam perbedaan itu menjadi bangsa dan negara Indonesia. Keberagaman itu juga ada di Sumbar, tapi kita tetap hidup dengan rukun dan damai, walau ada provokator yang mencoba merusak itu semua," ujarnya.

Lomba ini, kata Harneli, sangat positif sekali, karena ini mengajarkan nilai-nilai perbedaan dan keberagaman kepada generasi muda. Sebab, jika ingin meruntuhkan suatu bangsa, maka rusaklah generasi mudanya.

"Mari kita jaga generasi muda kita dengan mengajarkan nilai-nilai posotif, kita bentengi mereka dari hal-hal negatif seperti narkoba, LGBT, pergaulan bebasa dan perilaku menyimpang lainnya," ujarnya.

Dewan juri dari Grand Finalis Video Cover Lagu Bhineka Tunggal Ika Tingkat SMA/SMK se Sumbar adalah Feri Zaine, Asrinda dan Nelsonrako.

Pada kegiatan Grand Finalis Video Cover Lagu Bhineka Tunggal Ika Tingkat SMA/SMK se Sumbar juga ditampilkan pembacaan puisi dari para pemuncak lomba baca puisi se Sumatera Barat.

Uniknya, pada saat penampilan peserta dari Mentawai Lisa Februari, siswi SMA Negeri Sipora, mampu memukai hadirin yang hadir. 

Penampilan lisa dengan busana tradisional Mentawai diawali dengan tari-tarian dan saat membawakan lagu pun vokalnya terdengar jelas. Spontan saja para hadirin terlihat ikut menari beriringan dengan penampilan Lisa.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Kepala Dinas Kominfotik Sumbar Jasman Rizal, Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota se Sumatera Barat, MKKS, Ketua LAN Sumbar, dan Ketua HIPAKAD Sumbar. (by)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »