Advertorial

Daerah

Narasumber Acara Silaturahmi Daerah oleh BPIP, Wako Hendri Septa Paparkan Tentang Kebangsaan dan Narasi Pancasila

          Narasumber Acara Silaturahmi Daerah oleh BPIP, Wako Hendri Septa Paparkan Tentang Kebangsaan dan Narasi Pancasila
Narasumber Acara Silaturahmi Daerah oleh BPIP, Wako Hendri Septa Paparkan Tentang Kebangsaan dan Narasi Pancasila
BENTENGSUMBAR.COM - Wali Kota Padang Hendri Septa didapuk menjadi narasumber dalam kegiatan silaturahmi daerah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melalui diskusi kelompok yang digelar oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) di Istana Bung Hatta Bukittinggi, Jumat (19/8/2022).

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Kota Padang memaparkan materi tentang "Kebangsaan dan Narasi Pancasila".

Wako Hendri Septa menyampaikan, terkait ideologi Pancasila sejatinya mengarah pada karakter. Begitu pula menjadi prinsip yang harus dipegang dalam setiap diri warga negara Indonesia.

"Tanpa Pancasila mungkin bangsa negara ini tidak akan bersatu, maju dan kuat. Untuk itu, di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ini kita harus memiliki prinsip. Yaitunya dengan memegang teguh ideologi Pancasila sebagai dasar negara," sebutnya.

Wako milenial itu juga menyebutkan pentingnya Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia yang bermakna bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam ke lima sila Pancasila tersebut mencerminkan jati diri dan pandangan hidup seseorang.

“Konsepsi Pancasila sebagai ideologi negara muncul dari kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa yang dikaitkan dengan tujuan bernegara. Betapa hebatnya pendiri dan pemimpin bangsa ini yang mampu merawat keutuhan bangsa sejauh ini. Sempat ada beberapa gerakan pemberontakan, namun karena kuatnya persatuan dan kesatuan kita bersama hal itu dapat dicegah," sambung Hendri.

Dalam acara tersebut dihadiri Gubernur Sumbar Mahyeldi beserta unsur Forkopimda Sumbar, PLT Dirjen Pembangunan Kawasan Transmigrasi 
Kementerian Desa PDTT Rajumber Prihatin, perwakilan Kemendagri serta Wali Kota se-Sumbar dan unsur terkait lainnya.

Sementara dari BPIP sendiri hadir langsung Deputi Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP Prakoso bersama Wakil Kepala BPIP Karjono Atmoharsono.

Sejumlah narasumber ternama juga dihadirkan  seperti Halida Hatta yang merupakan putri Bung Hatta, aktris senior Christine Hakim, sejarawan JJ Rizal, Bambang Irianto, Gilang Ramadhan dan tokoh lainnya. (Ady/Dv/Prokopim Pdg)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »