Advertorial

Daerah

UAS Temui Anies, Pengamat: Biasanya Ulama yang Ditemui Pejabat, Ini Sinyal...

          UAS Temui Anies, Pengamat: Biasanya Ulama yang Ditemui Pejabat, Ini Sinyal...
UAS Temui Anies, Pengamat: Biasanya Ulama yang Ditemui Pejabat, Ini Sinyal...
BENTENGSUMBAR.COM - Pengamat politik Citra Institute, Efriza menilai kedatangan Ustad Abdul Somad (UAS) ke rumah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bukan sebagai ajang silaturahmi biasa. Kunjungan itu, disebut sebagai sinyal politik adanya dukungan UAS terhadap Anies.

Efriza menilai hubungan di antara kedua tokoh itu memang sudah berjalan cukup baik sejak lama. Meski berprofesi sebagai pendakwah, UAS diidentikan sebagai tokoh ulama yang kerap terlibat dalam politik.

"Perkembangan politik Anies dan UAS itu sudah terlihat sejak Pilgub kemarin, jadi UAS itu suka tidak suka ulama yang sangat dekat dengan orang-orang politik, kehadiran UAS ke Anies memang hubungannya sudah baik mereka," kata Efriza, dilansir dari Akurat.co pada Sabtu, 27 Agustus 2022.

Efriza mengatakan, kehadiran UAS untuk memberikan surprise kepada Anies secara tidak langsung juga menjadi kejutan bagi masyarakat. Sebab jarang terjadi di mana seorang ulama menyambangi rumah pejabat publik tanpa diundang.

"Biasanya seorang ulama, penceramah datang ke pejabat publik itu diundang, atau pejabat justru yang mendatangi ulama, artinya hal yang surprise dan diluar kebiasaan ini sebagai pesan bahwa kedatangan itu sebagai bentuk dukungan," ujarnya.

Lebih lanjut, Efriza mengatakan saat ini Anies Baswedan sedang menjadi magnet yang menarik karena posisi elektabilitasnya tinggi. Kedatangan UAS pun menjadi sinyal kuat bahwa dirinya turut memberi dukungan kepada Anies untuk mencalonkan diri sebagai calon presiden.

"Ini menunjukan bahwa UAS memberikan sinyal mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden, tentu dia juga memberikan dukungan Anies dalam posisi sebagai Gubernur, tapi dia tentu tidak akan berpidato ke arah politik, dukungan itu hanya diberikan berupa simbol-simbol," katanya.

Apalagi dalam kunjungannya itu, UAS juga bertemu dengan ibunda Anies, yaitu Aliyah Rasyid Baswedan. Efriza mengatakan ini sebagai bentuk permintaan restu terhadap orang yang berjasa dalam membesarkan Anies.

"Ia ingin mengarahkan masyarakat kepada dukungan ke Anies Baswedan apalagi dia bilang bahwa ia menemui ibunya artinya dalam makna bahasa politik dia minta restu," pungkasnya.

Sebelumnya, momen kunjungan UAS ke kediaman Anies Baswedan di Lebak Bulus, Jakarta Selatan itu dibagikan secara langsung oleh UAS melalui akun Instagram pribadinya @ustadzabdulsomad_official pada Minggu (21/8).

Dari unggahan tersebut, dapat dilihat sejumlah foto kebersamaan antara UAS dengan Anies dan Aliyah. Ada foto yang memperlihatkan UAS begitu tampak serius mendengarkan Anies yang sedang berbicara, dan ada yang keduanya saling tertawa. (*)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »