Atasi Longsor, Andre Rosiade: Menteri PUPR akan Tinjau Langsung Sitinjau Lauik

BENTENGSUMBAR.COM - Anggota DPR RI asal Sumbar H Andre Rosiade SE menyebutkan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basoeki Hadimoeljono akan berkunjung ke Sumbar dalam waktu dekat. 

Basoeki dijadwalkan akan mengunjungi langsung Sitinjau Lauik di Kecamatan Lubuk Kilangan, yang menghubungkan Kota Padang dengan Kabupaten Solok. 

“Kami banyak mendengar dan mendapatkan laporan, kalau Pemprov Sumbar dan Balai Jalan Nasional (BJN) belum menemui titik terang terkait penyelesaian longsor di Sitinjau Lauik. Masih belum ada solusi. Tentunya ini sangat merugikan karena perbaikan jalan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Sumbar,” kata Anggota Komisi VI DPR RI ini, Minggu (25/9/2022) ini. 

Karena itulah, kata Andre Rosiade, sebagai wakil rakyat dari Sumbar, dia berinisiatif menelepon Menteri PUPR Basoeki Hadimuljono. 

Andre memberikan informasi dan masukan langsung kepada Menteri, agar bisa segera mengatasi masalah yang sudah tahunan di Sumbar ini.

“Kami melihat belum ada langkah kongkret. Jadinya langsung telepon Pak Menteri PUPR dan Alhamdulillah disambut  baik. Pak Menteri akan mengecek sendiri jalan itu dalam waktu dekat agar bisa mencarikan solusi cepat masalah longsor,” kata Ketua DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sumbar. 

Andre Rosiade berterima kasih atas perhatian dan kepedulian Menteri PUPR kepada Sumbar. Tidak hanya masalah longsor Sitinjau, tapi juga pembangunan tol dan lainnya.

“Semoga dengan datang langsung pak Menteri, solusi Sitinjau Lauik segera didapat dan dieksekusi,” kata Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Sebelumnya, Andre Rosiade juga sudah berkomunikasi dengan Menteri PUPR dan meminta PT Hutama Karya (HK) membantu menyelesaikan persoalan lalu lintas di Sitinjau Laui. 

Karena proposal pembangunan fly over yang diajukan Pemprov Sumbar kepada Pemerintah Pusat ditolak. Sehingga harus ada alternatif supaya tidak lagi memakan korban. 

"Karena proposal Pemprov Sumbar ditolak, kami sebagai anggota dewan dari Sumbar harus mencari solusi bagaimana menyelesaikan persoalan jalan Sitinjau Lauik. Kami dengan meminta bantuan kepada Hutama Karya yang menjadi mitra kami di Komisi VI DPR RI," kata Andre Rosiade saat meninjau jalur Sitinjau Lauik, Sabtu (27/8/2022) bersama Direktur Operasi III HK Koentjoro, Dirut PT Semen Padang Asri Muchtar dan Direktur Operasional Indrieffouny Indra.

Andre Rosiade telah meminta HK untuk mengajukan proposal ke Kementerian PUPR. Mulai dari menawarkan konsep Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) untuk menyelesaikan persoalan Sitinjau Lauik. 

Membuat proposal melalui Dirjen Bina Marga PUPR, dan HK yang akan maju sebagai investor dan kontraktor pembangunan.

Andre berharap tender KPBU ini bisa dilaksanakan pada Januari 2023 dan memulai proses konstruksi atas restu Kementerian PUPR akan dimulai pada Juni 2023. 

“Dengan harapan Juni atau Juli 2024, sebelum Andre Rosiade lengser di periode pertamanya sebagai anggota DPR RI asal Sumbar, persoalan jalur Sitinjau Lauik dapat selesai,” sebutnya. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »