Besok Ketua Dewan Pers yang Cendekiawan Muslim Prof Azyumardi Azra Dikebumikan di Makam Pahlawan

BENTENGSUMBAR.COM - Innalillahi Wainnailaihi Rojiun. Telah berpulang ke pangkuan Ilahi Rabbi, Ketua Dewan Pers yang juga Cendekiawan Muslim,  Professor Azyumardi Azra. 

Almahum mengembuskan nafas terakhir Minggu  (18/9) pukul 12.30 waktu setempat di RS Serdang, Selangor, Malaysia.

Prof. Azra meninggalkan seorang istri bernama Ipah Farihah dan empat anak.

Sebelum menghembuskan nafas terakhir, Prof Azyumardi Azra  sempat 2 hari dirawat di RS akibat terpapar Covid19. 

Virus itu baru diketahui bersarang di tubuhnya saat ditangani di RS Serdang, Malaysia, Jumat (16/9) petang. 

Diawali di atas pesawat dalam penerbangan ke Malaysia, sore itu Prof
Azra mendadak terserang  batuk keras, panjang, disertai sesak nafas.

Karena tampak harus diberi pertolongan, dari Bandara Azra langsung dilarikan ke RS yang berjarak sekitar 35 km dari Kuala Lumpur, namun kuasa Allah melebihi segalanya, beliau harus kembali pada Sang Khaliq.

Sontak kepulangan beliau pada Ilahi membuat semua tokoh bangsa terkesima, duka melanda Indonesia.

Karena almarhum wafat di negri orang, maka berbagai prosedur harus dilakukan, untuk hal itu semua tokoh bangsa ikut membantu agar almarhum Prof.Azra segera bisa dimakamkan di tanah air.

Sekaitan hal tersebut, Wakil Ketua Dewan Pers Tri Agung melalui pesan whatshaap mengatakan, Senin pagi (19/9/2022), Almarhum Prof Azra akan diterbangkan ke Indonesia, untuk selanjutnya disemayamkan di UIN Ciputat.

Menurut keterangan Tri Agung, semua pihak memberikan suport dan dukungan untuk almarhum bisa segera meninggalkan, termasuk Kementrian Luar Negri dan KBRI, Jusuf Kalla, juga kepala BNPB.

"Untuk pemakam di Kalibata, Alhamdulillah para tokoh bangsa diantaranya pak JK, pak Din, pak Menko PMK, pak Mensesneg, dan mas Gubernur Anis, dalam pengurusan pemakaman di Kali Bata, tepatnya makan pahlawan," tutur Tri Agung, Minggu (18/9/2022).

Tri Agung juga meminta pada semua pihak agar bisa mendoakan almarhum Prof. Azra dan  memaafkan semua salah serta khilafnya.

"Saya meminta semua kita dapat memaafkan semua salah dan khilafnya, serta mendoakan agar almarhum di tempatkan pada tempat terbaik, karena beliau juga orang baik," tutup Tri Agung. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »