Advertorial

Daerah

BUMNag Sehati Jadi Pelopor Program Agro Solution di Kabupaten Padang Pariaman

          BUMNag Sehati Jadi Pelopor Program Agro Solution di Kabupaten Padang Pariaman
BUMNag Sehati Jadi Pelopor Program Agro Solution di Kabupaten Padang Pariaman
BENTENGSUMBAR.COM - Agro Solution memiliki tujuan untuk meningkatkan produktifitas pertanian melalui penyediaan input pertanian, permodalan, akses terhadap off-taker dan juga asuransi, sehingga mendorong peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani serta mengurangi ketergantungan terhadap pupuk bersubsidi.

Demikian Muhammad Lutfi, dari PT. PUSRI Palembang menjelaskan dalam rangka sosialisasi Program Agro Solution dari Kementerian BUMN kepada warga masyarakat Nagari Pungguang Kasiak, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman.

Acara ini diselenggarakan pada hari Jum’at (02/09) mulai pukul 09.30 – 11.30 WIB di Kantor BPP Kecamatan Lubuk Alung. Dihadiri oleh Wali Nagari Dodi Marten, Direktur BUMNag Sehati, Rahmat Tk. Sulaiman, Pejabat BPP dan PPL, serta anggota kelompok tani di Nagari Pungguang Kasiak.

Dodi Marten merasa senang dan bahagia atas hadirnya Program Agro Solution di Nagari Pungguang Kasiak.

“Mudah-mudahan Program Agro Solution ini dapat mempercepat terwujudnya kesejahteraan warga masyarakat petani yang ada di Nagari Pungguang Kasiak. Melalui BUMNag Sehati, maka kerja sama dengan PT. PUSRI, PT. Tazar Guna Mandiri, Bank Nagari juga PT. Jasindo hendaknya menjadi solusi bagi kelangkaan benih jagung dan pupuk di tengah-tengah masyarakat,” Dodi Marten berharap.

Selanjutnya Dodi Marten mengemukakan bahwa BUMNag Sehati menjadi pelopor dalam merealisasikan Program Agro Solution di Kabupaten Padang Pariaman. 

Mewakili Bank Nagari Pusat Padang, Delfi Susanto memaparkan sebuah program baru diluncurkan akhir Agustus 2022 bernama KPUM -  SiMamak atau Kredit Peduli Usaha Mikro-Solusi Mengatasi Masalah Keuangan sebagai pengganti KUR yang sudah habis masa berlakunya sejak pertengahan tahun 2022 ini.

Bersama Bank Nagari, sudah ada 4 Kabupaten yang menerima Program Agro Solution yakni Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Direktur BUMNag Sehati, Rahmat Tk. Sulaiman mengharapkan kepada petani yang terpilih nantinya mengikuti Program Agro Solution untuk serius menjalaninya. Ada demplot yang disiapkan oleh PT. PUSRI bersama stakeholder lainnya guna terwujudnya peningkatan hasil panen petani.

Sedangkan dari PT. Jasindo sebagai pihak asuransi diwakili oleh Widiyanti atau sering disapa Widi mengutamakan Asuransi Usaha Tani Jagung. Kegunaan asuransi adalah untuk meng-cover kerugian petani dalam usahanya jika gagal panen.

Pembicara terakhir Dedi Iswanto dari PT. Tazar Guna Mandiri menjelaskan fungsinya sebagai penyedia Agro-Input kepada BUMNag Sehati yang sudah berjalan sekitar 2 bulan lalu. 

“Di saat terjadi kelangkaan Benih Jagung P-32 baru-baru ini, maka BUMNag Sehati justru mendapatkan keuntungan dengan adanya kerja sama ini. Masyarakat petani jagung di Nagari Pungguang Kasiak tercukupi kebutuhan baik Benih Jagung juga Pupuk,” pungkas Dedi Iswanto.

Peserta yang hadir berjumlah sekitar 45 orang dan diakhiri dengan acara makan siang bersama.

Laporan: H. Ali Akbar
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »