Advertorial

Daerah

Inspektorat Padang Pariaman Kawal Disdukcapil Penilaian ZI dan WBK

          Inspektorat Padang Pariaman Kawal Disdukcapil Penilaian ZI dan WBK
Inspektorat Padang Pariaman Kawal Disdukcapil Penilaian ZI dan WBK
BENTENGSUMBAR.COM - Inspektorat Kabupaten Padang Pariaman kawal Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dalam persiapan penilaian Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Tahun 2022.

Hal tersebut disampaikan Inspektur Padang Pariaman Hendra Aswara dalam pertemuan koordinasi dengan Kadisdukcapil Indra Utama di ruang kerjanya, Parit Malintang, Rabu (28/9).

“Insha Allah, sesuai surat KemenpanRB, penilaian ZI WBK untuk Disdukcapil dilaksankan tanggal 6 Oktober nanti secara virtual atau zoom meeting dengan tim evaluator” ujar Hendra Aswara didampingi Tim Penilai Internal, Trisna Dewi Busti. 

Inspektorat, kata Hendra, merupakan Tim Penilai Internal (TPI yang dibentuk oleh Bupati Padang Pariaman mempunyai tugas melakukan penilaian unit kerja dalam rangka memperoleh predikat Menuju WBK.

“Pengusulan Disdukcapil sebagai unit kerja yang mewakili Padang Pariaman sudah tepat dan kita target raih penghargaan ZI WBK dari Kemenpan dan RB pada tahun ini,” ujar Mantan Kepala Dinas Perizinan itu. 

Faktor yang dinilai dalam ZI WBK diantaranya adanya komitmen dan pemahaman pimpinan serta pegawai Disdukcapil terkait program Zona Integritas, Kualitas penerapan pelayanan publik yang anti korupsi serta Inovasi-inovasi yang telah dilaksanakan oleh Disdukcapil.

“Kita sudah sama-sama mengetahui  Disdukcapil Padang Pariaman merupakan role model pelayanan publik tingkat nasional dan lokasi bencmarking/studi banding bagi daerah lain di dalam maupun luar sumbar. Selain banyak inovasi yang direplika dan banyak penghargaan yang telah diraih,” kata Alumni STPDN Angkatan 11 itu.

Sementara Kadisdukcapil Indra Utama bersinergi dengan Inspektorat selaku TPI untuk memberikan saran dan masukan agar penilaian ZI WBK berjalan lancar dan optimal. Saat ini disdukcapil telah bersiap dalam penyiapan bahan pemaparan, video dan data dukung lainnya. 
“Insha Allah, kita dan jajaran Disdukcapil sudah mengadakan rapat dan bersiap untuk penilaian ZI WBK. Kita mohon arahan dari TPI, yaitu Inspektur dan jajaran,” kata Indra Utama. 

Dikatakannya bahwa Disdukcapil telah meraih Penghargaan Pelayanan Prima Kategori A dari Kemenpan dan RB dan  Penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri. Baru-baru ini, tambah Indra, Disdukcapil raih peringkat 1 penghargaan Dukcapil tingkat Sumatera Barat. 

“Sesuai arahan Bapak Bupati, persiapan kita maksimal untuk penilaian ZI WBK. Mohon doa dan dukungan masyarakat semuanya,” ujar mantan Camat Nan Sabaris itu. (at)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »