Advertorial

Daerah

KKN-PPM Unand Pasar Baru Lestarikan Kebersihan Pantai Luhung dengan Membuat Tempat Sampah Bambu

          KKN-PPM Unand Pasar Baru Lestarikan Kebersihan Pantai Luhung dengan Membuat Tempat Sampah Bambu
KKN-PPM Unand Pasar Baru Lestarikan Kebersihan Pantai Luhung dengan Membuat Tempat Sampah Bambu
SEBAGAI wujud bakti membangun nagari, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKNPPM) Universitas Andalas kelompok kenagarian Pasar Baru bekerja sama membuat tempat sampah. Kegiatan ini dilakukan di Nagari Pasar Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan.

Sembari menjalankan program kerja KKN, mulai dari minggu kedua KKN berlangsung, apabila ada waktu senggang, sebanyak 23 mahasiswa dalam satu kelompok KKN Nagari Pasar Baru ini berbagi tugas untuk membuat 4 tong sampah yang terbuat dari bambu. Pembagian tugas mulai dari menyiapkan bahan, mencari bambu bersama, lalu pengerjaan, merakit hingga memberi cat khas warna Marawa, yaki sebagai warna dari tempat sampah tersebut.  

Pembuatan tong sampah yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di Nagari Pasar Baru untuk membuang sampah pada  tempatnya.

Sebagaimana yang diungkapkan ketua kelompok KKN, Fabio Syakhira Harja, Program pembuatan tong sampah dari bambu ini didedikasikan mahasiswa KKN Unand sebagi bentuk mengajak masyarakat Nagari Pasar Baru agar selalu menjaga kebersihan. 

"Kebersihan yang dimaksud yakni, baik kebersihan lingkungan sekitar maupun kebersihan pantai agar tidak adanya lagi tumpukan sampah rumah tangga yang takutnya membahayakan kesehatan serta merusak kelestarian dan keindahan pantai. Pasalnya, pantai merupakan objek wisata andalan dari nagari ini."

Tentunya, sebelum memutuskan untuk membuat program pembuatan tempat sampah ini, Fabio mengatakan bahwa mahasiswa KKN telah melihat di lapangan, selama menjalani KKN di nagari ini terdapat fenomena yang cukup memprihatinkan, yaitu adanya tumpukan sampah di sepanjang pantai. Maka dari itu, pembuatan serta peletakan tempat sampah bambu yang dilakukan mahasiswa KKN PPM Unand Nagari Pasar Baru ini merupakan bentuk program kerja bakti membangun nagari yang bersifat jangka panjang. 

Mengapa demilkian? Karena selain sebagai kenang-kenangan, tempat sampah bambu yang ramah lingkungan ini akan terus berguna sebagai upaya menjaga kebersihan nagari meskipun mahasiswa KKN tidak lagi berada di Pasar Baru. 

Namun, tak hanya sekedar memfasilitasi, sebagaimana tujuan awal dari mahasiswa KKN ini yang ingin meningkatkan kesadaran masyarakat, Fabio mengatakan, dalam program ini, KKN PPM Unand Nagari Pasar Baru juga melakukan sosialisasi untuk membuang sampah pada tempatnya. 

Adapun kegiatan sosialisasi yang dimaksud ketua kelompok KKN tersebut adalah kegiatan senam bersama ibu-ibu penduduk sekitaran pantai, sekaligus kegiatan serah terima tempat sampah di Pantai Luhung yang dihadiri wali nagari, tokoh masyarakat, dan Bhabinkamtibmas Nagari Pasar Baru. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pantai Luhung, Kampung Luhung, Nagari Pasar Baru pada Rabu (24/08/2022).

Sebanyak empat tempat sampah bambu berwarna kuning merah tersebut telah diletakkan di tiga lokasi berbeda, yakni sebanyak dua tempat sampah diletakkan di Pantai Luhung bersama dengan beberapa plang, satu tempat sampah di Mushalla Khairul Ikhwah yang dekat dengan posko KKN, dan di Kantor Wali Nagari Pasar Baru.

Selain sebagai kenang-kenangan, mahasiswa KKN PPM Unand Pasar Baru juga berharap program yang telah diberikan ini dapat menjadi bakti membangun Nagari Pasar Baru yang lebih maju dan unggul, terkhusus di bidang pariwisatanya. 

Sempha masyarakat pun dapat memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya menjaga kebersihan terutama kebersihan tempat-tempat yang menjadi ikon wisata nagari ini.

*Penulis: Sausan Afra, mahasiswi di program studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas.
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »