Advertorial

Daerah

Mubes Berlangsung Penuh Haru, Budi Syukur Datuk Bandaro Jambak Terpilih Kembali Secara Aklamasi Sebagai Ketum IKAH Periode 2022-2027

          Mubes Berlangsung Penuh Haru, Budi Syukur Datuk Bandaro Jambak Terpilih Kembali Secara Aklamasi Sebagai Ketum IKAH Periode 2022-2027
Mubes Berlangsung Penuh Haru, Budi Syukur Datuk Bandaro Jambak Terpilih Kembali Secara Aklamasi Sebagai Ketum IKAH Periode 2022-2027
BENTENGSUMBAR.COM - Sengaja Budi Syukur Datuk Bandaro Jambak, SH., kembali terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Ikatan Keluarga Air Haji (IKAH) Kota Padang periode 2022 - 2027.

IKAH adalah organisasi para perantau asal Nagari Air Haji Kabupaten Pesisir Selatan yang berada di kota Padang. 

Terpilihnya Budi Syukur melalui Musyawarah Besar (Mubes) IKAH yang digelar pada Ahad, 11 September 2022,  bertempat di Hotel Rangkayo Basa.

Ketua Panitia Harben Sani mengatakan, Mubes ini dihadiri sekitar 210 orang mewakili warga Air Air Haji yang ada di kota Padang, berlangsung sehari penuh. 

"Acara ini juga dikemas dalam bentuk silaturahmi dan taragak basuo, karena lebih kurang 2 tahun tak ada mengadakan pertemuan karena pendemi, sebab seharusnya mubes ini dilaksanakan tahun 2021, namun terundur," katanya.

Pada acara pembukaan hadir para tokoh masyarakat alAir Haji yang ada di Padang, antara lain Azwir Kenut, Hasrul Karim, Zukrizal Karim,  rang sumando Wartawati Nasrul Abit,  Nurita Budi Syukur, Suarlim Chan, Rasydin Rasid, Zarfian dan anggota IKAH.

Saat menyampaikan kata sambutan, ketua Panitia Ben Sani sangat terharu dengan kehadiran warga Air Haji yang di Padang.

"Kami teringat tokoh Air Haji yang telah meninggalkan kita antara lain bapak Nasrul Abit, Nazrizal, Zul Aliman. Semua tokoh ini meninggalkan kita pada waktu yang tak terlalu lama. Kami tak bisa menahan rasa sedih, dan air mata," ujarnya saat menyampaikan kata sambutan.

Begitu juga saat Dra Wartawati Nasrul Abit menyampaikan sambutan, para hadirin tak bisa menahan kesedihan dan meneteskan air mata, teringat sosok Nasrul Abit.

"Tak banyak yang dapat disampaikan selain mengulangi pesan yang selalu disampaikan pada warga IKAH agar kita selalu peduli pada Air Haji, kita selalu membangun Nagari Air Haji," ujarnya.

Wartawati mengatakan,  dia akan selalu merasa sebagai orang Air Haji, walaupun berasal dari Lampung dan merupakan bagian dari IKAH, dan akan tetap tinggal di Padang.

Pada kesempatan itu, juga ikut memberikan kata sambutan Astriwati Kenut dan Ketua Harian IKAH Padang Zulkifli Aziz yang melaporkan kegiatan IKAH dan program IKAH ke depan.

Ketum IKAH S Budi Syukur, SH., menyampaikan,  IKAH telah tumbuh dan berkembang selama ini.

"Telah dirintis oleh tokoh-tokoh kita antara bapak alm Hadis Syam, alm Nazarudin Atan, alm M Syukur, alm Syuid, Drs Lukman Yakub, bapak Hasrul Karim dan banyak lagi tokoh kita," katanya.

Dikatakannya, kontribusi tokoh pendiri IKAH ini sangat besar sekali, baik warga yang dirantau maupun di kampung, antara lain pembangunan SMP Air Haji, SMA Air Haji, MTsN Air Haji.

"Semua ini terwujud karena perjuangan beliau sampai dengan pembangunannya, setelah menjadi sekolah negeri barulah beralih tugas dan tanggung jawab ke pemerintah," ungkapnya.

"Saat ini peran kita adalah mengisi pembangunan di Air Haji, baik fisik maupun non fisik dalam bentuk peningkatan sumber daya manusia, khususnya generasi muda," lanjut Budi Syukur.

Jalannya Pemilihan


Pada pemilihan, pimpinan sidang Zulkifli Aziz dan Harben Sani, menampung aspirasi warga, yaitu meminta S Budi Syukur kembali memimpin IKAH Padang.

"Biarlah kami yang bekerja, yang penting ketum IKAH padang bapak S Budi Syukur," begitu aspirasi warga IKAH di Padang.

Mendengar aspirasi warga IKAH ini Budi Syukur tak bisa menolak untuk memimpin IKAH periode 2022-2027.

Usai pemilihan, kemudian dilanjutkan dengan rapat formatur dan ditetapkan pengurus inti sebagai berikut: Ketum S Budi Syukur, Ketua Harian Zulkifli Aziz, Sekum Harbeni Sani dan bendaha Yurdanengsih.

Acara Mubes diakhiri dengan bersalaman dan tak lupa bergembira ria dengan bernyayi yang diiiring orgen. Acara berakhir pada pukul 15. 30 WIB, dilanjutkan dengan meninjau kantor sekretariat IKAH Padang di jalan Damar Padang. (*)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »