Advertorial

Daerah

Parah! Komnas HAM Sebut Jika Ferdy Sambo Bisa Saja Bebas dari Jeratan Hukum, Netizen: Coba Aja, Rakyat yang...

          Parah! Komnas HAM Sebut Jika Ferdy Sambo Bisa Saja Bebas dari Jeratan Hukum, Netizen: Coba Aja, Rakyat yang...
Parah! Komnas HAM Sebut Jika Ferdy Sambo Bisa Saja Bebas dari Jeratan Hukum, Netizen: Coba Aja, Rakyat yang...
BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik menyebutkan bahwa dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir J, Ferdy Sambo bisa saja bebas.

Dalam kasus kematian Brigadir J, Polisi mendapatkan banyak pengakuan dari Ferdy Sambo. Pasalnya banyaknya pengakuan yang berbeda-beda.

Irjen Ferdi Sambo sendiri merupakan salah satu tersangka dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

“Yang berbahaya adalah, ini kan semua banyak sekali berdasarkan kesaksian-kesaksian, pengakuan-pengakuan. Kasus pembunuhan ya. Bukan kekerasan seksual. Kalau kekerasan seksual pegangannya UU TPKS. Kesaksian (bisa) jadi alat bukti (di UU TPKS),” ujar Ahmad Taufan Damanik seperti dilansir Hops.ID jumat 2 September 2022 pada Facebook Kompas.

Ketua Komnas HAM itu menjelaskan bahwa kesaksian itu lemah dalam kasus tindak pidana umum, bukan seperti di kasus kekerasan seksual yang bisa jadi alat bukti.

Dimana Polisi masih membutuhkan alat bukti dan barang bukti lain, bukan hanya pengakuan dari tersangka maupun saksi.

“Yang saya khawatirkan kalau misalnya mereka ini kemudian bersama-sama menarik pengakuannya. BAP (berita acara pemeriksaan) dibatalkan sama mereka, dibantah. Kacau itu kan,” lanjutnya.

Ketua Komnas HAM itu mengaku khawatir apabila para tersangka tiba-tiba menarik kesaksian mereka.

Para tersangka seperti Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Bripka Richard Rizal bahkan hingga Kuat Ma'ruf bisa bebas jadi tersangka, sehingga yang tersisa hanyalah Bharada E.

Bharada E kini tengah berada di bawah kendali penyidik dan LPSK, lantaran dirinya telah menjadi justice collaborator.

“kok bisa bebas dari mana? Sudah berkomplot dan direncanakan otaknya adalah Ferdy Sambo, aktornya dia. Kalau sampai dibebaskan itu artinya sudah ada niat yang direncanakan.” Komentar netizen.

“kalau Ferdy Sambo tidak dihukum mati masyarakat tidak akan percaya lagi namanya Hukum dan Pemerintah sekarang,” ungkap netizen.

“bubarkan saja kalo penuh dengan tipu-tipu, percuma buang-buang biaya buat penyidikan kalau hasil cuma tipu-tipu,” ketik netizen.

“Kalau sampai bebas, rakyat yang bergerak,” komentar lainnya.

Sumber: HopsID
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »