Advertorial

Daerah

Perdana Digelar, Festival Pesona Barulak 2022 Sukses Besar

          Perdana Digelar, Festival Pesona Barulak 2022 Sukses Besar
Perdana Digelar, Festival Pesona Barulak 2022 Sukses Besar
BENTENGSUMBAR.COM - Pemuda-pemudi Nagari Barulak, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat sukses besar menyelenggarakan Festival Pesona Barulak yang perdana digelar pada 24 - 26 September 2022. Berbagai pertunjukan seni dan budaya mendapat sambutan hangat dari penduduk setempat dan pengunjung yang berdatangan dari berbagai daerah lainnya. 

Festival Pesona Barulak 2022 dibuka secara resmi oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, S.E., MM. Acara pembukaan tersebut turut dihadiri oleh Ketua PKK, MUSPIDA, Kepala OPD, Anggota DPRD, Camat se-Tanah Datar, tokoh masyarakat, niniak mamak, alim ulama, dan cadiak pandai se-Kabupaten Tanah Datar.

Pembukaan Festival Pesona Barulak 2022 digelar di Pusat Pemerintahan Nagari Pokan Sotu, dimeriahkan oleh 30 penari yang mempertunjukkan Tari Galombang. Uniknya, pembukaan Festival Pesona Barulak 2022 turut ditandai dengan menghidupkan tungku Pongek Lapuak oleh Bupati Tanah Datar, serta dilanjutkan dengan Tari Sangkak Buruang yang merupakan 2 produk ekonomi kreatif ikonik dari Nagari Barulak.

"Saya sangat mengapresiasi festival ini, karena mampu dilaksanakan dengan baik dan sangat gebyar oleh masyarakat Barulak, dan saya sangat mendukung penuh jika memang niat Pemerintah Nagari Barulak untuk menjadikan Nagari Pongek Lapuak sebagai salah satu produk kuliner unggulan dari Nagari Barulak. Semoga nantinya dapat menggerakan perekonomian masyarakat lokal lebih baik serta menjadi salah satu daya tarik wisata baru bagi para turis untuk ke depannya," kata Eka Putra saat menyampaikan pidatonya.

Selain meresmikan acara festival tersebut, Eka Putra dan rombongan juga mengunjungi Jorong Koto Nan Tuo. Di sana, Eka Putra menandatangani prasasti dan pengembalian sejarah dengan peletakan Batu Balai Barundiang yang telah lama hilang sebagai tempat asal muasal Nagari Barulak tersebut. 

"Kami berharap, dengan pengembalian sejarah Batu Balai Barundiang, sejarah Barulak akan kembali kepada identitas aslinya. Semoga Pemda Tanah Datar melalui KADISPAR dapat menjadikan objek bersejarah ini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Tanah Datar secara resmi," kata Datuak Suku Barulak H.IR. Dt. Paduko Sinaro.

Festival Pesona Barulak 2022 juga menggelar berbagai kegiatan lainnya, seperti; Pawai Adat Sepanjang Hayat, Pawai Pangek Lapuak, Tari Sangkak Buruang, Festival Randai 3 Luak, Barulak Bakareta Santai, Pentas Seni Nagari Barulak, Saluang Oyak, KIM, dan lain sebagainya.

Selain itu, Festival Pesona Barulak 2022 makin meriah dengan kehadiran Sumbar Talenta Indonesia sebagai Organisasi Seni Sumatera Barat yang baru saja kembali dari Jerman dan Belanda usai membawa nama baik Indonesia di panggung seni dunia di Eropa. Salah seorang personal Sumbar Talenta Indonesia merupakan anak Nagari Barulak. 

Selama berlangsung, Festival Pesona Barulak 2022 dipandu secara eksklusif oleh Fedri Ramadhan, Presenter TVRI Jakarta Yang merupakan putra daerah Koto Nan Tuo, Nagari Barulak, dan berkolaborasi dengan Rina Permata Sari, Master Edukasi yang merupakan pemudi asal Barulak.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana F. Dt. Mangiang Sati menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah atas dukungan dan menjadikan Nagari Barulak salah dari 14 Nagari yang melaksanakan Progul Satu Nagari Satu Event Tahun 2022.

“Atas nama masyarakat, saya menyampaikan ucapan dan ungkapan terimakasih kepada Pemda atas kepercayaannya. Dan tentunya support dari berbagai pihak yang luar biasa, termasuk perantau Barulak dimanapun berada. Ini menjadi sejarah bagi Nagari Barulak, karena baru kali ini menyelenggarakan event sebesar ini, dan tidak kami sangka-angka perputaran uang mencapai 1 Miliar Rupiah selama event berlangsung. Harapan kami, festival ini akan menjadi kalender event tahunan, pada tanggal 24 - 26 September setiap tahunnya."

Menurut data panitia, Festival Pesona Barulak 2022 dihadiri oleh lebih dari 2.000 pengunjung. Festival tersebut berakhir makin meriah oleh permainan KIM pada malam penutupannya.

Laporan: Muhammad Fadhli
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »