Tanjuang Bungo Baralek Gadang, Bupati Resmikan Balai Adat dan Lewakan Gala Pangulu

BENTENGSUMBAR.COM - Arak-arakan dari rumah gadang masing-masing suku menuju Balai Adat mengawali prosesi Baralek Gadang di Nagari Tanjung Bungo. 

Sebagian besar warga sejenak meninggalkan aktivitasnya untuk memeriahkan acara Batagak Pangulu dan Peresmian Balai Adat Palito Anjuang yang dilaksanakan pada Sabtu (10/09/2022) di Jorong Lancar, Nagari Tanjuang Bungo, Kecamatan Suliki.

Suka cita masyarakat Tanjuang Bungo semakin lengkap tatkala, Pemerintah Daerah turut memberikan atensi dengan kehadiran langsung Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo dalam acara yang kental dengan budaya Minangkabau tersebut.

Tampak hadir dalam melewakan gelar dari Penghulu/Pangulu Kaampek Suku (Pitopang, Chaniago, Pisang Malayu) Wakil Ketua DPRD Limapuluh Kota Wendi Chandra, Anggota DPRD Limapuluh Kota (Dapil Suliki, Bukik Barisan, Gunuang Omeh) Doni Ikhlas, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/Nagari Endra Amzar, Ketua LKAAM Zulhikmi Dt.Rajo Suaro, Forkopimca, Unsur Nagari dan Niniak Mamak.

Dalam sambutannya Bupati Safaruddin memberikan apresiasi kepada Wali Nagari dan Niniak Mamak atas suksesnya gelaran perayaan Baralek Gadang Nagari Tanjuang Bungo.

Seterusnya, Ia kembali mengingatkan bahwa perlunya ninik mamak merangkul kemenakan untuk senantiasa berangkulan dalam membangun Nagari Tanjuang Bungo.

Terlebih di zaman digital ini, ninik mamak berperan besar untuk mengarahkan kemajuan generasi di kaumnya. 

"Upaya memajukan anak kemenakan tersebut dapat terwujud jika setiap Pangulu memiliki kesadaran untuk peningkatan kemampuan kepemimpinan dan pengetahuan", ungkap Bupati Safaruddin. 

Selain itu, Para "Datuak" tersebut hendaknya mampu mempertahankan kearifan lokal yang ada di Tanjuang Bungo sehingga dengan invasi budaya luar yang terinfiltrasi adat budaya Minangkabau dapat diatasi. 

"Tidak hanya itu, Tigo Tungku Sajarangan (Niniak Mamak, Alim ulama, Cadiak Pandai) dan Walinagari harus bersinergi dalam memaksimalkan potensi yang dimiliki Nagari Tanjuang Bungo", ucap Bupati Safaruddin.

Senada dengan Bupati Safaruddin, Wali Nagari Tanjuang Bungo Yefriandi merasa bersyukur atas suksesnya pagelaran Baralek Gadang Tanjuang Bungo Kali ini. 

Seterusnya ia turut mengucapkan selamat kepada niniak mamak yang dilewakan gelarnya semoga dapat bersinergi dalam membangun Nagari.

"Semangat kebersamaan seluruh elemen masyarakat tentunya akan dapat mensukseskan pembangunan yang telah direncanakan sesuai RPJM Nagari tanjung bungo", ungkap Bupati Safaruddin. 

Yefrin juga mengajak seluruh masyarakat, generasi muda, perantau untuk bergandengan tangan dalam memajukan nagari sehingga mendukung program Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota. (Dikky)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »