Wako Pariaman Buka Rakor Regsosek 2022

BENTENGSUMBAR.COM –  Wali Kota Pariaman Genius Umarmembuka Rapat Koordinasi Persiapan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) dan Sensus Pertanian 2023 (ST2023) tingkat Kota Pariaman", yang dilaksanakan di Aula Balaikota Pariaman, Rabu (21/9).

Rakor Regsosek 2022 dan ST 2023 tersebut digelar Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pariaman, dengan tema “Mencatat Untuk Membangun Negeri Satu Data Program Perlindungan Sosial Dan Pemberdayaan Masyarakat”.

Menurut Genius, Rakor ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui arah kebijakan dan informasi terkini untuk mewujudkan Satu Data Indonesia, yang membantu pemerintah pusat dan daerah dalam mewujudkan kesejahteraan sosial Indonesia.

“Regsosek merupakan upaya perubahan penyediaan data sosial ekonomi yang bersifat sektoral menjadi data yang terintegrasi dan akurat, sehingga Regsosek bisa menyediakan sistem dan basis data seluruh penduduk, yang terdiri dari profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat Desa/Kelurahan”, terang Genius.

“Dengan adanya pendataan awal Regsosek ini, diharapkan dapat menangkap dinamika kesejahteraan masyarakat dan dapat menjadi sumber data rujukan, untuk mendapatkan target yang tepat serta integrasi program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat”, ulasnya.

Genius berharap, dengan adanya data yang terpadu, dapat membuat kebijakan yang langsung terarah dan tepat sasaran. Hal ini sesuai dalam mewujudkan Satu Data Indonesia.

“Untuk itu pendataan awal Regsosek 2022 ini, perlu mendapat dukungan dari semua pihak, mulai dari DPRD, Forkopimda, Kepala OPD, Kabag dan Camat se Kota Pariaman, sehingga dapat berjalan dengan baik. Pada pelaksanaannya nanti, dapat menghasilkan data yang berkualitas”, tegas Genius mengakhiri sambutannya.

Rakor Regsosek diikuti 130 orang peserta dengan rincian, Forkopimda 4 orang, Camat 4 orang, OPD di lingkungan pemerintahan Kota Pariaman 122 orang. Selain itu hadir juga Narasumber Kepala BPS Provinsi Sumbar Herum Fajarwati, Sekretaris Bappeda Kota Pariaman Yalviendri, dan Kepala Dinsos Kota Pariaman yang Diwakili Kabid Pemberdayaan Sosial Hidayat. (chi/at)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »