Advertorial

Daerah

Wujudkan Sekolah Cerdas dan Tangguh Bencana, Pemko Padang Apresiasi BMKG Goes to School

          Wujudkan Sekolah Cerdas dan Tangguh Bencana, Pemko Padang Apresiasi BMKG Goes to School
Wujudkan Sekolah Cerdas dan Tangguh Bencana, Pemko Padang Apresiasi BMKG Goes to School
BENTENGSUMBAR.COM - Pemerintah Kota Padang menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Padang Panjang yang melakukan sosialisasi dan edukasi terkait kebencanaan di Kota Padang.

"Kita menyambut baik dan mengapresiasi BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Padang Panjang yang melakukan kegiatan BMKG Goes to School kali ini. Kegiatan tersebut bernilai penting, karena secara geografis Kota Padang memiliki potensi yang cukup besar diterpa berbagai bencana. Terutama sekali ancaman bencana gempa bumi disertai tsunami," ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Andree Algamar sewaktu mewakili Wali Kota Padang membuka kegiatan BMKG Goes to School di SMAN 10 Padang," Kamis (29/9/2022) pagi.

Sekda Andree juga berharap kegiatan Goes to School ini terus berlanjut dan menyasar sekolah-sekolah lainnya di Kota Padang. Begitu juga kepada seluruh warga Kota Padang diharapkan dapat cerdas dan tangguh terhadap bencana. 

"Kita tidak tahu kapan bencana itu terjadi. Maka itu, dengan cerdas dan tangguh bencana diharapkan dampak bencana itu dapat diminimalisir. Karena dengan itu kita semua akan paham bagaimana cara menyikapi mulai dari sebelum, sewaktu dan sesudah bencana terjadi," tukas Sekda muda yang juga alumni SMAN 10 Padang tersebut.

Senada dengan itu, Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Padang Panjang Suaidi Ahadi menyebut, pada kegiatan BMKG Goes to School di Kota Padang pihaknya tahun ini menyasar dua sekolah yang terbilang berada dekat dari pantai yakni SMAN 10 dan SMAN 2 Padang.

Kegiatan ini katanya, bertujuan untuk mengedukasi warga sekolah yang terdiri dari para guru, murid, serta karyawan di sekolah untuk cerdas dan tangguh bencana.

"Melalui BMKG Goes to School ini kita mengedukasi mulai dari pengenalan terkait tempat tinggal mereka, apakah berada di zona bencana atau di zona aman bencana. Selanjutnya melatih kemampuan para murid dalam evakuasi mandiri agar tidak panik ketika menghadapi ancaman atau pun sewaktu terjadi bencana seperti gempa bumi dan tsunami," sebutnya.

Di akhir kegiatan Sekda Andree Algamar bersama Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Padang Panjang Suaidi Ahadi memberikan cendera mata berupa tas siaga gempa bertuliskan "Ready to Survive" kepada sebanyak 100 murid peserta kegiatan BMKG Goes to School di SMAN 10 Padang. 

Dalam kegiatan itu hadir menyaksikan kegiatan Kepala Sekolah SMAN 10 Padang M. Isya beserta majelis guru lainnya. (Dv/Prokopim Pdg)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »