Advertorial

Daerah

Xanana Gusmao: Kami Butuh Indonesia untuk Berdiri Tegak Bela Hukum Internasional

          Xanana Gusmao: Kami Butuh Indonesia untuk Berdiri Tegak Bela Hukum Internasional
Xanana Gusmao: Kami Butuh Indonesia untuk Berdiri Tegak Bela Hukum Internasional
BENTENGSUMBAR.COM - Mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao menegaskan, Indonesia merupakan tetangga yang sangat dibanggakan di negaranya. 

Pasalnya, Indonesia kerap membantu Timor Leste dalam berkecimpung di dunia internasional.

"Kami membutuhkan Indonesia untuk memainkan peran sentral dalam urusan global dan memimpin dialog regional serta internasional," kata Xanana dalam pidatonya di webinar 'Politik Luar Negeri Indonesia di Mata Negara Sahabat', Rabu, 31 Agustus 2022.

Ia menyampaikan, Indonesia selalu mempromosikan keamanan internasional, bahkan di tengah ketidakpastian dunia saat ini. 

Salah satu contoh yang diangkat Xanana adalah konvensi PBB mengenai hukum laut.

"Ini adalah contoh luar biasa mengenai apa yang bisa dicapai Indonesia ketika bekerja untuk ketertiban dan keamanan global," katanya.

Hanya melalui UNCLOS, kata Xanana, Timor Leste mampu memaksa Australia untuk merundingkan batas laut. 

Bahkan, ketika Negeri Kanguru dinilai dengan sengaja mengabaikan hukum internasional dan mengambil pendapatan dari minyak milik Timor Leste.

Sebaliknya, dengan Indonesia, Timor Leste sedang mendiskusikan penyelesaian perbatasan darat dan laut yang disebut memiliki semangat kerja sama dan persahabatan yang erat.

Xanana mengatakan, sangat senang melihat Indonesia terus berperan dalam dunia internasional yang tak hanya dengan ASEAN dan PBB, tapi juga dengan G20.

Ia menambahkan, bahkan Indonesia yang mengusulkan agar Timor Leste bergabung dengan ASEAN. Indonesia, kata Xanana, masih terus mendukung usulan tersebut saat ini.

Menurutnya, RI menunjukkan kepemimpinannya di ranah global, tak hanya di kawasan. 

Ia menambahkan, jika saat ini ditanya apa yang diinginkan Timor Leste dari Indonesia, Xanana akan menjawab, 'lebih kepada apa yang kami butuhkan dari Indonesia'.

"Kita membutuhkan Indonesia, sebagai bangsa yang besar untuk terus berdiri tegak dan membela hukum internasional, mempromosikan dialog antar kelompok dan negara, toleransi antar agama, keyakinan dan perdamaian di setiap negara, wilayah, benua, dan seluruh dunia," pungkasnya.

Sumber: Medcom
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »