Advertorial

Daerah

Andre Rosiade: Prabowo Bantu Rehab Rumah Korban Longsor di Pesisir Selatan

          Andre Rosiade: Prabowo Bantu Rehab Rumah Korban Longsor di Pesisir Selatan
Andre Rosiade: Prabowo Bantu Rehab Rumah Korban Longsor di Pesisir Selatan
BENTENGSUMBAR.COM - Pada malam sekitar pukul 21.00 WIB, Rabu (21/9), Asril Dodo (48) dan keluarganya mendapatkan musibah. 

Hujan yang mengguyur Kampung Jambak, Dusun Pasar Sungai Tunu, Nagari Sungai Tunu, Kecamatan Ranah Pesisir, Pesisir Selatan (Pessel) membawa tanah dan bebatuan menghantam rumah mereka. 

Sampai saat ini, Asril dan istrinya Rika Pitri Susanti (38) dan dua anak perempuan mereka harus mengungsi ke rumah saudaranya.

Awalnya, Asril mengira rumahnya masih bisa dihuni dengan perbaikan sekadarnya. 

Tapi setelah paginya, dia melihat kerusakan yang sangat parah. 

Untuk memperbaiki, dia sedang tidak punya uang. 

Menjadi petani atau pekebun, akhir-akhir ini hanya menghasilkan uang untuk makan saja. 

Itupun kadang masih kurang dan berpandai-pandai.

“Kami sudah mengajukan permohonan bantuan kepada Wali Nagari dan lembaga lainnya, tapi sampai hari ini belum dapat," kata Asril Dodo, Jumat (28/10/2022).

"Kata mereka, saat ini akhir tahun, belum ada bantuan yang bisa diturunkan," ujarnya menceritakan.

"Tak dapat akal saya lagi, saya coba kirim pesan kepada pak Prabowo Subianto melalui facebook," ungkapnya.

"Lalu tiba-tiba saja ada tim pak Andre Rosiade, anggota DPR RI yang menghubungi saya,” katanya.

Hari itu, Asril dan keluarganya kedatangan Pengurus DPD Partai Gerindra Sumbar, DPC Gerindra Pessel dan bakal calon anggota DPRD Sumbar Afrizon “Uncu” Nazar. 

Mereka diminta Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade yang sedang menjalankan ibadah umrah, menyerahkan bantuan untuk rehab rumah Asril Dodo.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pak Prabowo Subianto yang merespon dengan cepat," ujarnya.

"Mengurus pengurus Partai Gerindra Sumbar datang ke rumah kami. Kami doakan pak Prabowo menjadi Presiden 2024," katanya dengan mata berkaca-kaca.

"Terima kasih juga kepada pak Andre Rosiade. Pak Andre Rosiade juga bergerak cepat saat mendengar musibah yang kami alami,” kata Asril Dodo didampingi Rika Pitri usai menerima bantuan yang diserahkan oleh Afrizon Nazar didampingi Sekretaris DPC Gerindra Pessel Afrinal Tanjung dan Bendahara Edo Saputra.

Wali Nagari Sungai Tunu Amril yang juga hadir menyebutkan, bantuan untuk keluarga Asril Dodo sudah diajukan kepada Pemkab Pessel melalui Camat Ranah Pesisir. 

Surat itu bertujuan untuk untuk rehabilitasi rumah yang ditimpa longsor dengan kerugian diperkirakan mencapai Rp60 juta.

“Kami dari jajaran Pemerintahan Nagari Sungai Tunu mengucapkan terima kasih kepada bapak H Andre Rosiade. Walaupun beliau sedang berada di tanah suci, tapi saat melihat chat warga kami yang beberapa waktu lalu terkena longsor, Alhamdulillah ditanggapi cepat. Sehingga hari ini, Jumat 28 Oktober, rombongan dari DPD Gerindra Sumbar dan DPC Gerindra Pessel, turun ke Nagari Sungai Tunu. Menyalurkan bantuan yang diberikan oleh pak haji Andre Rosiade,” katanya.

Amril mendoakan, semoga Andre Rosiade sehat selalu dan tetap berjuang untuk masyarakat.

“Semoga pak Andre Rosiade sehat selalu. Ini adalah bentuk kepedulian dari salah seorang anggota DPR RI. Kami berikan jempol, semoga ke depannya, bisa menjadi orang yang terbaik di Provinsi Sumbar,” katanya.

Wakil Sekretaris DPD Gerindra Sumbar Zulkifli yang juga Ketua Komite Peduli Bencana (KPB) Kota Padang mengharapkan, pihak nagari dan Pemkab Pessel memastikan kondisi perbukitan di belakang rumah sebelum merehab. 

Karena memiliki risiko yang cukup besar, juga di rumah sebelahnya.

“Sebaiknya dipastikan dulu tidak ada tanah yang akan jatuh lagi. Kalau perlu gunakan alat berat untuk memotong tanah dan memindahkankannya. Agar tidak terjadi longsor susulan,” kata Zulkifli yang datang bersama Wakil Bendara DPD Gerindra Sumbar Hendra Afneezola yang juga calon anggota DPRD Padang.

Dihubungi terpisah, Andre Rosiade berterima kasih dengan pengurus DPD Gerindra Sumbar dan DPC Pessel yang datang ke rumah keluarga Asril Todo.

“Semoga bantuan yang kami kirimkan bisa sedikit membantu untuk memulai kembali rehab rumah. Kami juga meminta DPC Gerindra Pessel dan Fraksi Gerindra DPRD Pessel untuk memantau dan mengawalnya dengan baik,” kata anggota DPR RI ini. (*)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »