Advertorial

Daerah

Bagaimana Toko Buku Albana Survive di Era Teknologi 4.0

          Bagaimana Toko Buku Albana Survive di Era Teknologi 4.0
Bagaimana Toko Buku Albana Survive di Era Teknologi 4.0
“TOKO ini sedang dimasa dimana kita susah untuk berkembang tetapi sekalinya berkembang kita bisa menjadi salah satu startup yang besar seperti Gramedia,”ujar pemilik Albana. Toko albana merupakan toko buku yang sudah beroperasi sekitar 20 tahunan di Padang Panjang. Sekarang toko ini sedang berusaha untuk bisa bertahan di era teknologi 4.0, dikarenakan sekarang semua sudah berpindah ke internet dan smart phone. 

Tidak banyak toko buku yang bisa survive para era teknologi 4.0 ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi pada era ini sangatlah pesat, bisa saja suatu hari penggunaan kertas tidak akan digunakan lagi. Sekarang sudah banyak anak muda yang dapat mengakses e book dengan mudah jadi mereka tidak terlalu perlu untuk sekedar membeli buku dan pena untuk belajar.

Walaupun sebenarnya penggunaan kertas tidaklah baik untuk alam karena bahan dasar kertas sendiri adalah kayu. Menurut kompasinana “Diperlukan 1 Batang Pohon Usia 5 Tahun untuk Memproduksi 1 Rim Kertas.” Hal ini sangat merugikan alam dan jika terus dilakukan maka populasi pohon akan menipis, oleh karena itu banyak orang sekarang yang menggunakan smartphone untuk menjadi notebook yang bisa dibawa kemana mana. Sebenarnya tidak hanya kertas masih banyak alat tulis yang sekali dipakai langsung dibuang begitu saja hal ini juga memperbanyak limbah di lingkungan.

Tetapi di lain sisi toko buku menjadi salah satu mata pencaharian yang sudah ada sejak dulu. Banyak kegiatan ekonomi yang dilakukan orang orang di toko buku, dan sekarang toko buku sudah menjadi sumber penghasilan pokok mereka. Tidak mudah untuk sebuah toko berpindah Haluan begitu saja, apalagi toko tersebut sudah di turunkan terus menerus dari keluarganya. 

Sekarang sudah banyak e book yang bertebaran bahkan sekarang para produser buku lebih memilih untuk membuatkan e book buku yang mereka produksi dari pada membiarkan para pembacanya untuk momfotokopikan karya mereka tersebut. Hal ini juga membuat bisnis yang dijalankan albana terancam. walaupun masih banyak yang menggunakan jasa fotokopi tersebut untuk sekarang, misalnya Mahasiswa dan orang orang yang ada keperluan dengan surat pernyuratan masih menjadi langganan fotokopian toko tersebut sampai sekarang. Tetapi ada beberapa hal yang memerlukan jasa yang disediakan oleh toko buku seperti menjilid buku, laminating dokumen dokumen penting dan lain lain. Karena banyak yang masih membutuhkan hal hal tersebut bisnis toko buku albana masih bisa berjalan, walaupun masih banyak yang harus dibenahi lagi supaya dapat meraup untung yang lebih besar.

Sebenarnya kenapa banyak kendala yang terjadi dan menyebabkan toko albana tidak dapat berinovasi dengan teknologi teknologi modern yaitu dikarenakan toko ini dibangun dengan cara kekeluargaan dan toko ini juga merangkul banyak orang yang eknominya susah di bantu secara langsung. hal ini menyebabkan Albana susah memberikan harga tetap. Kendala lainnya adalah masih banyak ibu ibu yang menawar saat berbelanja di Albana, jadi Albana masih bisa disebut toko yang beroperasi dengan cara yang tradisional.

Albana sekarang juga berusaha untuk mejnalin Kerjasama dengan sekolah sekolah yang ada di daerah padang panjang. kerjasama yang biasanya dilakukan misalnya seperti menyediakan materi yang sudah dibagikan oleh guru dan menjual fotokopian materi tersebut kepada para murid yang belajar kepada guru tersebut. Sekarang albana juga mulai menerima permintaan fotokopian soal ujian semester dengan beberapa sekolah. Ada juga para penyedia alat tulis di sekolah yang membeki stok alat tulisnya di albana.

Untuk sekarang bisnis ini berjalan lancar seperti biasanya dan toko Albana memerlukan inovasi inovasi terbaru untuk memperbaharui bisnis toko buku ini agar bisa tetap bertahan dalam jangka waktu yang Panjang, kalau bisa dapat bertahan selamanya dan tidak akan tutup. Albana telah menjadi salah satu toko buku yang besar di Padang Panjang dengan menyediakan pelayanan yang ramah dan ruang parkir yang luas toko ini dapat menarik banyak pelanggan baik dari Kalangan anak sekolah sampai orang kantoran. Sekarang Albana mencoba untuk menarik pelanggan anak muda dengan menyediakan aksesoris aksesoris seperti gantungan kunci dan konektor masker.

Oleh karena itu sekarang toko buku Albana sekarang mencoba untuk tetap bersaing di era ini. Dengan menggunakan barang barang yang masih dibutuhkan oleh para pelajar dan barang barang trendi seperti totebag sekarang mulai dijual di sana. Penggunaan mesin kasir juga sudah direncanakan untuk digunakan disana. “kedepannya Albana akan terus berinovasi dan semoga kedepannya albana bisa membuka cabang dibanyak tempat menjadi sebuah perusahaan yang menguasai pasar di Indonesia,”ujar pemilik Albana.

*Penulis Muhammad Ghifran, Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Andalas 
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »