Desa Perikanan Cerdas Nagari Guguak Kuranji Hilir

BENTENGSUMBAR.COM - Warga masyarakat Paingan Nagari Guguak Kuranji Hilir Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar mendapatkan berkah dengan adanya Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat - PKM Politeknik Kelautan dan Perikanan – Poltek KP Pariaman.

Pada hari Kamis (20/10) dimulai sejak pukul 10.00 – 12.00 WIB bertempat di Aula Kantor Wali Nagari Guguak Kuranji Hilir (disingkat Guranjhil) diselenggarakan pertemuan secara off-line antara panitia Pengabdian Kepada Masyarakat – PKM Poltek KP Pariaman dengan warga masyarakat Paingan Nagari Guranjhil, seperti: Wali Nagari berikut aparat nagari, tokoh masyarakat, niniak mamak, bundo kanduang, karang taruna dan khususnya mewakili warga kelompok Nelayan.

“Ada 3 buah prodi – program studi yang terlibat dalam kegiatan PKM kali ini, yakni: 1) Teknik Penangkapan Ikan (TPI), 2) Mekanisasi Perikanan (MK) dan 3) Teknik Budidaya Perikanan. Semua mengarah kepada tujuan untuk meningkatkan perekonomian warga masyarakat di nagari ini,” demikian Zalmi Rozano, SH.,MH., ketua panitia PKM dalam sambutannya.

Sedangkan masing-masing prodi membawa tema, sebagai berikut:
1) Perikanan Tangkap (PTK): Pelatihan Pembuatan Rumpon;
2) Permesinan Kapal (PMK): Pelatihan Penggunaan Alat Keselamatan Diri di Laut;  dan
3) Teknik Budidaya Perikanan (TBP): Pelatihan Teknik Pembesaran Ikan Koi (Cyprinus Carpio) dengan Sistem Sirkulasi pada Kolam Terpal.

Masing-masing prodi melibatkan 10 orang nelayan, sehingga ada 30 orang nelayan yang akan mendapatkan pendampingan dari kegiatan PKM Poltek KP Pariaman dimulai sejak acara ini berlangsung sampai beberapa minggu mendatang.

Sambutan dari Wakil Koordinator Poltek KP Pariaman Harisjon, S.Pi.,M.Si yang diwakili oleh Adnal Yeka, A.Pi.,M.Si juga memberikan arahan pentingnya suatu pembinaan desa atau nagari yang telah ditetapkan sebagai Desa Perikanan Cerdas (Smart Fisheries Village) yang dicanangkan di Nagari Guguak Kuranji Hilir. 

Wali Nagari M. Sahur menyampaikan, “Kami mewakili warga Paingan Nagari Guguak Kuranji Hilir merasa senang dan bangga adanya kelanjutan program dari Poltek KP Pariaman ini. Semoga warga masyarakat kami meningkat penghasilannya dengan ditetapkannya sebagai Smart Fisheries Village (Desa Perikanan Cerdas). Sehingga pendampingan yang dilakukan akan menambah pengetahuan masyarakat nelayan dalam mengelola usahanya.”

Dari pihak Poltek KP Pariaman dihadiri oleh masing-masing Ketua Tim Pelaksana PKM sesuai prodi, yakni: 1) Prodi TPI – Ir. Indra Samson, M.Si., 2) Prodi MP – Tashwir. S.St.Pi.,M.Si., dan 3) Prodi TBP – Ir. Nazran M.Si serta beberapa orang mahasiswa-mahasiswi Poltek KP Pariaman.

Terakhir, dilakukan acara serah terima secara simbolis peralatan keselamatan nelayan (baju pelampung) dan ikan Koi yang dijadikan sebagai usaha budi daya oleh warga masyarakat nantinya.

Laporan: H. Ali Akbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »