Advertorial

Daerah

Falita Memasarkan Mie Ayam Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat

          Falita Memasarkan Mie Ayam Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat
Falita Memasarkan Mie Ayam Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat
SUATU saat , Mie ayam ini sudah berdiri sejak tahun 2000, Ini di lakukan sebagai usaha nya sehari-hari, untuk memasaran mie ayam falita, kabupaten pesisir Selatan, Sumatra Barat, Mak uwo dan suaminya membuka usaha sendiri. Tahun usahanya 2000 sampai sekarang ini.

Mie ayam ini banyak yg menjual nya dengan gerobak, warung sederhana, maupun rumah makan besar. Penyajiannya pun tidak lagi hanya dengan cara tradisional, tapi juga lebih kreatif dan modern.

Salah satunya penyajian mie ayam dengan topping seperti ceker, jamur, bakso, pangsit, dan lain-lain. Ada juga mie ayam yang disajikan dengan pangsit sebagai mangkuknya. Inovasi ini bertujuan untuk menarik perhatian pembeli.  pembuatan mie terus berkembang dan menyebar ke Balai Selasa,Lubuk Cubadak, Air Tambang, Sumedang.

Cara pembuatannya adalah Mie direbus dalam air hingga teksturnya lunak dan dicampur dalam mangkuk berisi minyak goreng dan bawang putih. Minyak akan melapisi mie sekaligus membantu memisahkan mie. Minyaknya bisa berupa lemak ayam, atau minyak sayur. Daging ayam dipotong dadu dan dimasak dengan kecap dan bumbu lainnya termasuk bawang putih.

Campuran ayam dengan bumbu ditempatkan di atas mie, dan di atasnya ditaburi bawang merah yang sudah di goreng. Bakmi ayam biasanya disajikan dengan kaldu ayam terpisah, dan sering kali disajikan dengan pangsit  baik digoreng renyah atau dalam sup, dan kadang juga ditambahkan bakso . Bumbu tambahan Mie ayam termasuk sayuran, bawang goreng, kulit pangsit, cabai rawit, sambal, dan saus.

Ada seorang ibu yang selesai makan di warung nya falita  dan menanyakan  tentang makanan yang ada di sana kepada ibu tini.”apakah makanannya enak dan gurih di sini bu tini?”.Ibu tini menjawab: ia makanan nya enak dan gurih dan dapat menggugah selera dengan mie nya yang lembut serta di campurkan dengan crispy kulit pangsitnya.”mengapa ibu memilih makan di warung ini?”.Ibu tini menajwab: karena mie ayam disini harganya minimal atau terjangkau untuk membelinya serta bumbu nya yang sangat terasa.

”apa saja makanan yang di sediakan kak falita?”.Ibu tini menjawab: Mie Ayam, Bakso, Bakso Urat, Bakso Telur, dan Mie Ayam qBakso.”apakah makanan yang tersedia harganya sama bu?”.Ibu tini menjawa: Harga nya berbeda beda tergantung apa makanan yang di minta oleh pembeli, berikut menu harga makanan falita:  Mie Ayam harga nya Rp.12.000, Bakso harganya Rp.15.000, Bakso Urat Rp.17.000, Bakso Telur harganya Rp.17.000, Mie Ayam Bakso Rp.17.000.itu lah raga makanan yang ada di warung kak falita.

“Berapa mangkok habis dalam sehari?”.pemilik menjawab: kurang lebih 80 mangkok sehari semalang,kadang-kadang lebih dan ada juga kurang daro 80 mangkok.”Berapa modal yang bapak keluarkan dalam membeli bahan-bahannya?”.pemilik menjawab: Modal pembuatan tanya tidak terlalu banyak untuk di buat,  sekitar Rp.500.000 Ribu Rupiah untuk membeli bahan-bahan sama alat -alat masak.

Warung nya terletak di persimpangan jalan, kampung pale,kabupaten pesisir selatan, sumatra barat.Warung nya lumayan ramai karena di persimpangan tersebut adalah jalan menuju padang atau tempat masyarakat  menantikan mobil untuk menuju tujuan nya masing-masing. Sambil menunggu mobil ada pun beberapa orang yang makan di warung tersebut. Di simpangan tersebut ada juga ojek untuk pergi ke pasar, dan di persimpangan sangat ramai karena,banyanya aktivitas masyarakat di persimpangan tersebut.Warung tersebut sangat ramai karena makanan nya yang sangat enak di bandingkan dengan tempat lain,ini pun tergantung selera masing-masing masyarakat yang mau beli nya di mana.  Ia tidak hanya jualan di warung saja tetapi ia juga memanfaatkan aplikasi untuk dapat mempromosikan jualan nya melalui Aplikasi FB.FB nya yaitu@Bakso Falita. Disana lengkap tentang makan yang tersedia.banyak juga info info makanan di aplikasi tersebut,namun banyak juga orng yang memesan online dan membooking tempatnya.

Dulu Warung ini juga pernah di booking untuk makan bersama oleh anak sekolah,ia membooking nya sehari sebelum berkunjung sekitar selesai sholat magrib ia kesana, jika tidak di booking terlebih dahulu maka tempat nya tidak ada yang kosong, kemungkinan susah mencari tempat duduk yang kosong.Anak sekolah tersebut memesankan makan sebanyak 8 mangkok dengan makanan yang  berbeda.Makanan yang di pesan kannya di antara lain ; Mie ayam 2 mangkok, Bakso Urat 2 mangkok,Mie Ayam Bakso 3 mangkok dan bakso 1 mangkok.Total semua makanannya adalah Rp.124.000 Ribu Rupiah.

*Penulis: Haviva Indah Cayani, Mahasiswa Manajemen Universitas Andalas
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »