Kapolres Malang Dicopot Imbas Tragedi Kanjuruhan, Bakal Ada Tersangka, Kasus Kanjuruhan Naik ke Penyidikan

BENTENGSUMBAR.COM - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat usai tragedi di Stadion Kanjuruhan menelan ratusan korban jiwa.

"Menonaktifkan sekaligus mengganti Kapolres Malang AKBP Firli Hidayat dimutasikan jadi Pamen ASDM Polri," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo, Senin (3/10).

Posisi Ferli sebagai Kapolres Malang digantikan oleh AKBP Putu Kholis Aryana yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok. 

Bakal Ada Tersangka


Tim investigasi Polri bergerak cepat melakukan penyelidikan terhadap peristiwa nahas yang memakan ratusan korban jiwa di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Hasilnya, kasus yang merenggut sebanyak 125 supporter Arema ini sudah dinaikkan ke tahap penyidikan. Dengan begitu, pihak kepolisian bakal menetapkan tersangka dalam tragedi pada Sabtu malam (1/10) itu.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, hari ini tim investigasi telah melakukan pemeriksaan terkait penerapan pasal 359 dan 360 KUHP dengan memeriksa 20 orang saksi.

"Dari hasil pemeriksaan itu tim melakukan gelar perkara. Dari hasil gelar perkara, meningkatkan status dari penyelidikan sekarang statusnya menjadi penyidikan. Tim akan bekerja secara maraton," ujar Dedi di Mapolres Malang, Senin (3/10).

Tak hanya peristiwa pidana saja, kata Dedi, Itwasum Polri bersama dengan Biro Paminal Propam Polri juga bergerak melakukan pemeriksaan etik terhadap anggota kepolisian.

"Kemudian ketiga dari hasil pemeriksaan Irsus dan Biro Paminal update yang perlu saya sampaikan malam hari ini juga melakukan pemeriksaan dugaan pelanggaran kode etik anggota polri sebanyak 28 personel Polri," katanya. 

Sumber: RMOL

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »