Advertorial

Daerah

Pengembangan Tempat Wisata Di Sumatra Barat Dengan Memanfaatkan Keindahan Alamnya

          Pengembangan Tempat Wisata Di Sumatra Barat Dengan Memanfaatkan Keindahan Alamnya
Pengembangan Tempat Wisata Di Sumatra Barat Dengan Memanfaatkan Keindahan Alamnya
PARIWISATA dipandang sebagai sektor penting dalam pengembangan ekonomi dunia. Jika sektor pariwisata berkembang atau mundur maka akan banyak negara terpengaruh secara ekonomi. 

Kegiatan pariwisata merupakan kegiatan yang bersifat sementara, dilakukan secara suka rela tanpa paksaan untuk menikmati objek dan atraksi wisata.  

Pariwisata Pembangunan pariwisata pada hakikatnya merupakan upaya untuk mengembangkan dan memanfaatkan objek dan daya tarik wisata yang terwujud dalam bentuk kekayaan yang indah, keanekaragaman flora dan fauna, kemajemukan tradisi dan seni budaya serta peninggalan sejarah 

Pengembangan desa wisata akan berhasil jika semua potensi desa seperti sumber daya manusia dan potensi alam yang dimiliki dapat disinergikan secara maksimal.

Tentunya pengembangan desa wisata harus mendapat dukungan dari pemerintah desa setempat dan masyarakatnya. 

Pengembangan desa wisata akan membuka peluang penyerapan tenaga kerja, transaksi perdagangan produk asli daerah juga akan meningkat yang pada akhirnya akan berimplikasi pada peningkatan ekonomi masyarakat desa tersebut. 

Dengan demikian, melalui pengembangan desa wisata diharapkan akan mampu mendorong tumbuhnya berbagai sektor ekonomi berbasis masyarakat seperti industri kerajinan, industri jasa-perdagangan, dan lainnya. Hal semacam ini diharapkan menjadi faktor daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke desa wisata.

Pengembangan Wisata di Sumatera Barat terdapat banyak wisata alamnya salah satu di Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Tanah Datar akan menjadi trend menarik dimasa depan berdasarkan banyak alasan yang rasional, hal ini dapat Meningkatkan pendapatan Asli daerah. 

Di Kabupaten Tanah Datar terdapat wisata alam yang indah yaitu Wisata Air Terjun Lembah Anai Kabupaten Tanah Datar dan di Kabupaten Pesisir Selatan terdapat Wisata Taluak Sikulo.

Pengembangan wisata di Sumatra Barat akan menjadi trend menarik dimasa depan berdasarkan banyak alasan yang rasional, hal ini dapat Meningkatkan pendapatan Asli daerah.

Pendapatan Asi Daerah atau PAD dapat ditingkatkan melalui Pajak Hotel, pajak Restauran dan Meningkatkan Aktivitas Ekonomi di perkotaan.

*Penulis: Shafira Ingrida Viadini, Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Andalas.
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »