Rekomendasikan Anies Baswedan Jadi Capres, PPP Takut Tak Dipilih?

BENTENGSUMBAR.COM - Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo menduga PPP punya perhitungan matang saat merekomendasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai Capres 2024. 

“PPP pasti sadar dan punya hasil survei bahwa pemilih mereka banyak yang mendukung Anies,” ujar Kunto, dilansir dari GenPI.co pada Sabtu, 1 Oktober 2022.

Menurut Kunto, PPP bisa kehilangan banyak suara dan menjadi problematik jika tak mengindahkan permintaan pendukungnya. 

“Akan jadi probematik kalau PPP tidak mengusung Anies. Pemilih PPP sangat mungkin meninggalkan partai tersebut,” tuturnya.

Dirinya juga menduga deklarasi rekomendasi Anies sebagai capres sedikit banyak dipengaruhi oleh lengsernya Mantan Ketum PPP Sharso Monoarfa.

“Sangat ada. Karena baru sekarang ada mukercab itu diadakan, di jaman Suharso enggak ada,” kata dia.

Akan tetapi, menurutnya, alasan utama PPP merekomendasikan Anies, yakni keyakinan akan kalah jika tidak mengusung mantan menteri pendidikan tersebut. 

“Mereka paham akan kalah di pileg kalau tidak mengusung Anies,” ucapnya.

Kunto juga menyoroti nasib Kolaisi Indonesia Bersatu. Sbeperti diketahui, kolalisi tersebut digagas tiga parpol, yakni Partai Golkar, PAN, dan PPP.

“Menurut saya KIB juga belum punya capres cawapres hingga sekarang. Itu kan koalisi yang sangat dipaksanakan. Sangat mungkin bubar di tengah jalan,” ujar Kunto.(*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »