Advertorial

Daerah

Sudah 80 Persen, Anies Dijamin Bakal Tunjuk AHY Jadi Cawapres, PKS dan Nasdem Sudah Dikunci

          Sudah 80 Persen, Anies Dijamin Bakal Tunjuk AHY Jadi Cawapres, PKS dan Nasdem Sudah Dikunci
Sudah 80 Persen, Anies Dijamin Bakal Tunjuk AHY Jadi Cawapres, PKS dan Nasdem Sudah Dikunci
BENTENGSUMBAR.COM - Pengamat politik, Ray Rangkuti, menilai calon presiden (Capres) Partai NasDem Anies Baswedan bakal memilih Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Cawapresnya untuk mengahadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Sebab, Ray menduga partai Demokrat berpotensi mundur dari koalisi apabila AHY tidak dilibatkan dalam kontestasi Pilpres. 

Sehingga, AHY adalah satu-satunya pilihan yang rasional untuk dipilih Anies.

"Mereka tidak punya pilihan kecuali memilih AHY. Jika tidak, koalisi ini bisa bubar. Tanpa Partai Demokrat, PKS dan Nasdem tidak akan dapat mencalonkan Anies sebagai capres," kata Ray saat dikonfirmasi, Rabu (26/10/2022).

Menurutnya, pembicaraan antara tiga partai calon mitra koalisi itu sudah hampir menemukan kesepakatan akhir.

Walaupun terkesan sedikit alot, tapi ketiganya agak sulit jika harus membalik sikap politiknya.

"Saya kira situasi ini sudah mencapai angka 80%. Sudah sulit bagi PKS dan Nasdem putar langkah. Mereka sudah dikunci oleh figur Anies sebagai capres," ujarnya.

Ray menilai PKS tidak akan memaksakan kehendak untuk memasangkan kadernya, Ahmad Heryawan sebagai cawapresnya Anies Baswedan. 

PKS dinilai akan manut terhadap apa yang diputuskan oleh Anies.

"PKS itu akan ikut Anies. Mereka tidak punya pilihan lain. PKS tidak pernah membuat skenario B di luar Anies sebagai capres," katanya.

Apalagi, saat ini PKS sudah turut merasakan efek kenaikan elektabilitas sejak partainya mendukung Anies Baswedan baik dalam menghadapi Pilpres 2024, maupun ketika Anies masih menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"PKS sudah mulai menikmati kenaikan elektoral setelah makin jelas langkah PKS mendukung Anies," ungkapnya. 

Sebelumnya, Calon Presiden Partai NasDem Anies Baswedan mengaku punya kesan tersendiri terhadap sosok Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

Hal ini disampaikan Anies usai AHY menyambangi kediamannya di Jalan Lebak Bulus II Dalam, Cilandak, Jakarta Selatan. Selasa (25/10/2022). 

Dari pertemuan tersebut, Anies menyimpulkan bahwa dirinya mengaku punya banyak kecocokan dengan AHY.

Namun begitu, Anies belum menyinggung apakah AHY sosok yang dipilihnya untuk menjadi cawapres di Pilpres 2024.

"Membahas dari soal sejarah hingga soal tantangan Indonesia ke depan. Alhamdulilah, ketika gagasan tentang bernegara ditopangtinggikan maka begitu banyak titik temu dalam diskusi," kata Anies dikutip dati Instagram pribadinya, Selasa (25/10/2022).

Sumber: Populis
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »