Advertorial

Daerah

Surveinya Bertajuk "Anies Bisa Mengalahkan Prabowo", Nama Teratas yang Nongol Ganjar Pranowo

          Surveinya Bertajuk "Anies Bisa Mengalahkan Prabowo", Nama Teratas yang Nongol Ganjar Pranowo
Kolase foto Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Surveinya Bertajuk "Anies Bisa Mengalahkan Prabowo", Nama Teratas yang Nongol Ganjar
BENTENGSUMBAR.COM - Hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk “Anies Bisa Mengalahkan Prabowo?”  menyebutkan elektabilitas Ganjar Pranowo masih tetap teratas,  Minggu (23/10/2022)

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani mengatakan, hasil survei  itu menunjukkan dalam simulasi tiga nama, Ganjar mendapatkan 32,1 persen, Prabowo Subianto 27,5 persen dan Anies Baswedan 26 persen. Masih ada 14,4 persen yang belum menjawab atau tidak tahu.

"Kemungkinan besar hanya akan muncul tiga calon dalam pemilihan presiden. Karena besarnya ambang batas presiden 20 persen kursi DPR," kata Deni.

Karena itu, simulasi dari tiga nama yang selama ini paling kompetitif penting untuk diamati. 

"Tiga nama itu adalah Anies, Ganjar, dan Prabowo. Selain itu, Prabowo sudah dicalonkan oleh Partai Gerindra dan Anies diusung oleh Partai Nasdem. Sementara Ganjar dalam enam bulan terakhir selalu menduduki posisi teratas menurut pemilih," urainya.

Deni memaparkan, dalam satu setengah tahun terakhir, dukungan pada Ganjar mengalami kenaikan dari 25,5 persen pada Mei 2021 menjadi 32,1 persen pada Oktober 2022. 

Sementara elektabilitas Prabowo cenderung melemah dari 34,1 persen menjadi 27,5 persen pada periode yang sama. Anies mengalami sedikit penguatan dari 23,5 persen menjadi 26 persen.

Survei ini dilakukan secara tatap muka pada 3 hingga 9 Oktober 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah Berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. 

"Dari populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) 1220 responden.  Response rate sebesar 1027 atau 84%. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,1% pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling)," tutup Deni.

Sumber: Poskota
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »