Advertorial

Daerah

Wagub Audy Sosialisasikan Germas Hidup Sehat di SMAN 1 Bonjol, Pasaman

          Wagub Audy Sosialisasikan Germas Hidup Sehat di SMAN 1 Bonjol, Pasaman
Wagub Audy Sosialisasikan Germas Hidup Sehat di SMAN 1 Bonjol, Pasaman
BENTENGSUMBAR.COM - Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy melakukan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) pada siswa-siswi SMAN 1 Bonjol, Kabupaten Pasaman, Senin (17/10/22).

Memulai sosialisasi Germas, Wagub Audy didampingi Bupati Pasaman Benny Utama dan Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, dr. Lila Yanwar, membagikan buah-buahan, tablet penambah darah, zat besi (Fe) dan mengikuti senam pagi bersama ratusan pelajar.

Wagub mengatakan, gerakan ini dilakukan diseluruh kota dan kabupaten di Sumatera Barat. Membiasakan pola hidup sehat dengan olahraga, konsumsi buah dan vitamin yang salah satunya juga untuk pencegahan stunting.

"Kegiatan ini sebenarnya kita sebar di seluruh kota dan kabupaten. Setelah post pandemi ini kan kadang-kadang orang terlupa dengan pola hidup sehat," kata Wagub.

Ia juga menyinggung pencegahan stunting yang dilakukan Kabupaten Pasaman. 

Wagub mengaku optimis dengan program-program penurunan stunting yang dicanangkan Bupati Pasaman, Benny Utama.

"Kita optimis kalau di Pasaman ini, tahun depan sampai 2024 insyaAllah akan turun cukup drastis," tuturnya.

Berkaitan dengan itu, dr. Lila Yanwar menerangkan, meski saat ini masih berada di angka 24 persen, progres penurunan stunting di Pasaman mencapai 3,3 persen per tahun.

Sehingga menuju tahun 2024 Ia berharap target prevelansi stunting di bawah 14 persen dapat tercapai.

"Secara konvergensi melalui delapan rencana aksi, mudah-mudahan bersama-sama dapat kita turunkan angka stunting di Pasaman," terang Lila.

Sementara itu, Bupati Pasaman Benny Utama menuturkan kegiatan sosialisasi Germas di SMA 1 Bonjol memberikan contoh pola yang dapat diikuti pelajar dalam kehidupan sehari-sehari.

"Ini harus dilakukan secara berkesinambungan. Harus terus dilanjutkan agar anak-anak kita tumbuh dengan badan dan pikiran yang sehat, yang mampu menjawab tantangan di masa depan," tutur Benny.

Sebelumnya kegiatan serupa juga dilaksanakan di SMAN 2 Bukittinggi bersamaan dengan pemecahan rekor MURI Teh Talua dan peringatan Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN). 

Tak hanya di sekolah-sekolah, kegiatan sosialisasi Germas juga diberikan untuk masyarakat umum dan pesantren. (MC Prov Sumbar)

#Dinas Kominfotik Sumbar
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »