Endorse Jokowi Ngefek ke Elektabilitas Capres? Ini Hasil Survei LSI Denny JA

BENTENGSUMBAR.COM - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei perihal efek dukungan atau endorsement Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). 

Hasilnya, efek endorsement Jokowi dinilai tidak besar.

Survei yang dilakukan pada 10-19 Oktober 2022 ini menggunakan metodologi multistage random sampling.

Ada 1.200 responden yang diwawancara secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error dari survei ini ± 2,9 persen.

Survei ini dilakukan dengan simulasi tiga pasangan capres dan cawapres. Tiga pasangan tersebut yakni Ganjar Pranowo - Airlangga Hartarto, Anies Baswedan - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Prabowo Subianto - Puan Maharani.

Ada tiga simulasi pertanyaan yang diajukan. Pertanyaan pertama yakni: "Jika dalam pilpres 2024 nanti ada tiga pasangan capres dan cawapres di bawah ini. Seandainya Joko Widodo (Jokowi) mendukung pasangan Ganjar Pranowo - Airlangga Hartarto. Dari tiga pasangan di bawah ini, manakah yang ibu/bapak pilih?".

Berikut hasilnya:

Ganjar Pranowo - Airlangga Hartarto: 29,9 persen
Anies Baswedan - Agus Harimurti Yudhoyono: 24,6 persen
Prabowo Subianto - Puan Maharani: 22,1 persen
TT/TJ: 23,4 persen

Pertanyaan kedua yang diajukan yakni jika Jokowi mendukung pasangan Prabowo Subianto - Puan Maharani. "Jika dalam pilpres 2024 nanti ada tiga pasangan capres dan cawapres di bawah ini. Seandainya Joko Widodo (Jokowi) mendukung pasangan Prabowo Subianto - Puan Maharani. Dari tiga pasangan di bawah ini, manakah yang ibu/bapak pilih?".

Berikut hasilnya:

Ganjar Pranowo - Airlangga Hartarto: 28,4 persen
Anies Baswedan - Agus Harimurti Yudhoyono: 24,6 persen
Prabowo Subianto - Puan Maharani: 23,8 persen
TT/TJ: 23,2 persen

Pertanyaan ketiga yang diajukan yakni jika Jokowi mendukung pasangan Anies Baswedan - Agus Harimurti Yudhoyono. "Jika dalam pilpres 2024 nanti ada tiga pasangan capres dan cawapres di bawah ini. Seandainya Joko Widodo (Jokowi) mendukung pasangan Anies Baswedan - Agus Harimurti Yudhoyono. Dari tiga pasangan di bawah ini, manakah yang ibu/bapak pilih?".

Berikut hasilnya:

Ganjar Pranowo - Airlangga Hartarto: 28,5 persen
Anies Baswedan - Agus Harimurti Yudhoyono: 26,3 persen
Prabowo Subianto - Puan Maharani: 22,5 persen
TT/TJ: 22,7 persen

Berdasarkan hasil survei tersebut, endorsement Jokowi berpengaruh paling besar 1,7 persen. 

Karena itu, menurut Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, efek dukungan Jokowi tidaklah besar lantaran masih di bawah 2 persen.

"Efek dukungan (endorsement) Jokowi kepada perubahan elektabilitas pasangan capres tidak besar. Efek dukungannya kurang dari dua persen. ," kata Adjie, melalui kanal YouTube LSI Dennya JA, Rabu (23/11/2022).

Namun, menurut Adjie, dukungan Jokowi bisa berpengaruh jika perolehan suara antar paslon hanya selisih kurang dari 2 persen. 

Akan tetapi, jika persaingan margin lebih dari 5 persen, dukungan Jokowi dinilai tidak bisa mengubah pemenang.

"Ketika persaingan kompetitif (selisih kurang dari 2%), dukungan Jokowi bisa mengubah pemenang. Ketika persaingan margin besar (lebih dari 5%) dukungan Jokowi tidak mengubah pemenang. Karena pasangan Ganjar - AH unggul di atas pasangan lainnya di atas 3%, pasangan capres manapun yang didukung Jokowi tidak mengubah pemenang," tutur Adji.

Sumber: detikcom

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »