Nasib Tenaga Honorer 2023 Berpeluang Jadi ASN Meski Tak Lolos PPPK? MenPAN RB Beri 3 Solusi: Ada Pengangkatan

          Nasib Tenaga Honorer 2023 Berpeluang Jadi ASN Meski Tak Lolos PPPK? MenPAN RB Beri 3 Solusi: Ada Pengangkatan
Nasib Tenaga Honorer 2023 Berpeluang Jadi ASN Meski Tak Lolos PPPK? MenPAN RB Beri 3 Solusi: Ada Pengangkatan
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM – MenPAN RB beri 3 solusi terkait nasib tenaga honorer 2023 yang masih berpeluang menjadi bagian dari ASN meski tak lolos seleksi PPPK 2022.

Kabar gembira ini disampaikan oleh MenPAN RB Abdullah Azwar Anas sesaat mengadakan rapat bersama DPR untuk membahas masa depan atau nasib tenaga honorer 2023.

Hasilnya, terdapat 3 solusi dari MenPAN RB guna mengatasi nasib tenaga honorer 2023, salah satunya terdapapat potensi bisa jadi ASN meski tak lolos mengikuti pendaftaran PPPK 2022.

Rapat bersama DPR RI yang diadakan pada hari Senin, 21 November 2022 itu, MenPAN RB mencanangkan pengangkatan tenaga honorer jadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di tahun 2023 secara merata.

Rencana itu tentunya bagian dari 3 solusi yang disusulkan terkait nasib tenaga honorer 2023 yang masih menjadi permasalahan hingga saat ini.

Terlebih lagi, sebelum-sebelumnya sempat tersiar isu tenaga honorer 2023 dihapus, akan tetapi akhirnya pemerintah lebih memilih mengkaji dahulu agar bisa menemukan jalan keluar lainnya.

Lantas apakah benar tenaga honorer 2023 masih memiliki peluan jadi bagian dari ASN? Simak penjelasan 3 solusi dari MenPAN RB berikut ini.

Dilansir Ayobandung dari berbagai sumber, MenPAN RB Azwar Anas menyebut dalam rapat bersama DPR itu bahwa ada kemungkinan pemerintah membuka pengangkatan jadi ASN bagi tenaga honorer 2023.

Kabar ini tentunya menjadi angin segar bagi honorer, terutama bagi mereka yang tak mendapatkan posisi atau tak lolos seleksi PPPK 2022.

Pendaftaran PPPK 2022 sendiri sudah dibuka pada akhir Oktober lalu untuk sejumlah formasi dengan kriteria tenaga honorer yang sudah ditetapkan.

Delik permasalahan tenaga honorer rupanya masih belum menemui titik terang hingga akhirnya MenPAN RB beri 3 solusi yang ditujukan agar bisa jadi jalan keluar terkait nasib masa depan para pekerja.

Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa dari 3 solusi yang dicanangkan tersebut tidak semuanya mencakup soal pengangkatan tenaga honorer jadi ASN.

Salah satu solusinya justru menyinggung seluruh tenaga honorer diberhentikan seluruhnya atau berarti dihapus untuk tahun 2023.

Jika tenaga honorer dihapus direalisasikan, maka kemungkinan akan memunculkan gelombang polemik baru, terutama bagi mereka yang ingin mendapatkan pekerjaan dan pendapatan yang layak guna menyokong kehidupannya.

Berikut 3 solusi yang ditawarkan oleh MenPAN RB terkait nasib tenaga honorer 2023 yang tentunya masih jadi bahan pertimbangan pemerintah sebelum memberikan keputusan mutlak, diantaranya:

1. Tenaga honorer diangkat seluruhnya menjadi bagian ASN 2023

2. Tenaga honorer diberhentikan atau dihapus

3. Tenaga honorer diangkat berdasarkan skala prioritas dan kebutuhan jabatan tertentu

Saat ini pemerintah masih mendalami ketiga solusi yang diberikan, karena dari uraian di atas pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing ketika diterapkan.

Solusi nomor 1 menjadi hal yang paling diharapkan oleh para honorer, namun bisa jadi pertimbangan berat bagi pemerintah karena harus menyediakan anggaran besar dalam pemberian haknya.

Meskipun demikian, sejauh ini pemerintah belum memberikan informasi solusi mana yang akan diambil guna menjawab nasib tenaga honorer 2023.

Sumber: Ayobandung
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter:

Maklumat:

Wartawan BentengSumbar.com hanya yang namanya tercantum di box redaksi. Wartawan BentengSumbar.com dalam bertugas dilengkapi dengan ID.Card. Untuk pemasangan iklan, artikel promosi produk, dan lannya, Anda dapat menghubungi kami melalui e-Mail: redaksi.bentengsumbar@gmail.com