Advertorial

Daerah

PAN Bantah Relawan Amanat Indonesia Pendukung Anies Baswedan Terafiliasi dengan Partai

          PAN Bantah Relawan Amanat Indonesia Pendukung Anies Baswedan Terafiliasi dengan Partai
PAN Bantah Relawan Amanat Indonesia Pendukung Anies Baswedan Terafiliasi dengan Partai
BENTENGSUMBAR.COM - Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno membantah bahwa partainya terafiliasi dengan kelompok relawan pendukung Anies Baswedan, Amanat Indonesia atau ANIES.

Kelompok itu muncul untuk mendukung Anies sebagai calon presiden atau Capres 2024. 

"Saya belum dengar deklarasi relawan Anies dengan nama Amanat Indonesia yang kemudian mengklaim terafiliasi dengan PAN. Sejauh pemahaman saya kami tidak punya organisasi yang terafiliasi dengan PAN yang namanya Amanat Indonesia," ujar Eddy saat dihubungi Tempo, Kamis, 24 November 2022. 

Eddy menduga kelompok relawan itu didirikan oleh kader PAN atau politikus yang pernah berkiprah di PAN. 

Mengenai desakan relawan ANIES agar PAN segera mendeklarasikan capres pilihannya, Eddy meminta kelompok relawan itu untuk bersabar. 

"Kami sudah mengerucutkan sembilan nama, mungkin nanti kami kerucutkan menjadi lima atau tiga. Ketika itu terjadi nanti akan kita bicarakan dengan teman-teman di KIB," kata Eddy. 

Seperti diketahui PAN saat ini bergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB. 

Ini merupakan koalisi yang berisi tiga partai yaitu PAN, Golkar, dan PPP.

Sebelumnya, beberapa orang yang mengklaim pendiri PAN membentuk tim relawan bernama Amanat Indonesia atau ANIES untuk mendukung Anies Baswedan maju sebagai calon presiden 2024.

Beberapa nama orang yang mengaku sebagai pendiri PAN itu, antara lain Afni Achmad, Alimin Abdullah, Miranti Abidin, M. Yasin Kara, Putra Jaya, dan Sahrin Hamid. 

Mereka sebelumnya juga menjabat sebagai Wakil Sekjen hingga Bendahara DPP PAN pada periode awal partai itu berdiri.

"Dalam rangka menjembatani aspirasi konstituen PAN dalam pemilihan presiden, maka kami dari entitas PAN yang terdiri dari Para Pendiri/Deklarator PAN, Anggota DPR RI, Mantan Anggota DPR RI, Pimpinan/Pengurus, Kader & Simpatisan PAN, telah membentuk ANIES atau AMANAT INDONESIA pada hari Kamis tanggal, 17 November 2022 di Jakarta," ujar Ketua Umum ANIES Sahrin Hamid.

Sahrin menjelaskan, Amanat Indonesia terbentuk karena yakin dan percaya dengan konsepsi kepemimpinan Anies Baswedan.

Sahrin mengungkapkan, tim ini menjadi yakin setelah melihat sepak terjang Anies saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. 

"Kami telah bertemu Anies Baswedan, dan telah menyampaikan pikiran-pikiran tentang Amanat Indonesia demi Indonesia yang lebih baik," kata Sahrin. 

Sementara itu Divisi Media Amanat Indonesia atau ANIES, Adli Bahrun, menjelaskan alasan pihaknya mendeklarasikan ANIES, walaupun sikap tim itu berseberangan dengan partai yang mendukung Zulkifli Hasan sebagai capres. 

Menurut Adli, salah satu alasan pihaknya nekat menggeledah deklara karena si nama Anies sebenarnya sempat masuk dalam radar capres PAN. 

"Hasil Rakernas PAN memutuskam 9 nama capres, Anies salah satunya, ini bagian dari ententitas kader, pendiri, simpatisan mendorong PAN untuk menetapkan Anies sebagai calon presiden," ujar Adli. 

Alasan lainnya, Adli menyebut sampai hari ini belum ada keputusan final dari PAN soal capres definitif. 

Sehingga, pihaknya merasa deklarasi dukungan terhadap Anies dirasa sah-sah saja.

Setelah melakukan deklarasi untuk Anies Baswedan pada Rabu kemarin, Adli menyebut ANIES bakal terus melakukan konsolidasi dan pembentukan jaringandi seluruh daerah.

Rencananya dalam waktu dekat, kata Adli, ANIES bakal melakukan deklarasi di Bandung, Jawa Barat.

Sumber: Tempo.co
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »