Advertorial

Daerah

Polda Metro Turunkan 3.790 Personel Kawal Aksi 411 Depan Istana Besok

          Polda Metro Turunkan 3.790 Personel Kawal Aksi 411 Depan Istana Besok
Polda Metro Turunkan 3.790 Personel Kawal Aksi 411 Depan Istana Besok
BENTENGSUMBAR.COM - Pold Metro Jaya telah menerima pemberitahuan terkait rencana Aksi 411 Persaudaraan Alumni (PA) 212 di Patung Kuda, Jakarta Pusat. Polda Metro Jaya menyiapkan personel untuk mengawal dan menjaga aksi massa PA 212 tersebut.

"Sudah ada pemberitahuan dan dari Polda Metro Jaya telah menyiapkan personel untuk mengawal dan menjaga aksi tersebut agar berjalan tertib dan aman," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan dalam keterangan kepada detikcom, Kamis (3/11/2022).

Sesuai pemberitahuan ke polisi, elemen massa yang akan menghadiri Aksi 411 ini terdiri dari PA 212, Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR), Front Persaudaraan Islam, IKB UI, pejabat, 411, Juklak, FMS, GBN, KPIB, ARM, dan Bang Japar.

Selain Aksi 411, elemen buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan menggelar demo di Patung Kuda di hari yang sama. 

Perkiraan peserta aksi 1.000 orang dengan tuntutan tolak pembatalan upah menggunakan PP Nomor 36 dan naikkan upah minimum tahun 2023.

"Berkaitan dengan adanya aksi massa tersebut, Polda Metro Jaya menyiapkan 3.790 personel," tuturnya.

Aksi 411 Akan Dihadiri Sejumlah Tokoh
Persaudaraan Alumni (PA) 212 akan melakukan demonstrasi di sekitar Istana Negara, Jakarta Pusat. Sejumlah tokoh agama disebut akan hadir.

"Bahwa GNPR bersama seluruh elemen masyarakat akan bersama-sama mengadakan aksi damai, monumental, konstitusional dan dilindungi undang-undang. (Aksi) akbar 411 yang insyaallah akan dilaksanakan pada hari Jumat, 4 November 2022," ujar Habib Muhammad bin Husein Alatas dalam konferensi pers di Jakarta Selatan, Kamis (3/11/2022).

Menantu Habib Rizieq Shihab itu juga mengajak masyarakat lain bergabung dalam aksi 411 yang berlangsung besok Jumat (4/11). Menurutnya, aksi 411 besok telah sesuai dengan aturan yang ada.

"Mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bahu membahu melaksanakan hak checks and balances terhadap jalannya pemerintahan melalui antara lain aksi turun ke jalan sebagai konsekuensi negara berdemokrasi," kata Husein.

Sementara itu, Sekretaris Majelis Syuro PA 212 Slamet Maarif belum bisa memastikan kehadiran Habib Rizieq Shihab esok hari. Keputusan hadir atau tidaknya Habib Rizieq perlu didiskusikan lagi dengan pengacaranya.

"Belum ada kepastian karena informasi itu bisa didapatkan dari pengacara beliau. Karena kan pengacara lebih tahu harus ada proses-proses yang dilalui," kata Slamet kepada wartawan, Kamis (3/11/2022).

Dirinya juga mengatakan akan ada ribuan massa yang akan hadir pada aksi 411 esok hari. Ada juga beberapa tokoh agama yang akan datang.

"Saya tidak bisa menyebutkan nama-namanya tapi insyaallah besok kita bisa lihat di lapangan siapa yang akan hadir pada 411 besok," ujarnya.

Sumber: detikcom
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »