Advertorial

Daerah

PPP Setuju Ma'ruf Amin Sebut Anies Sosok Potensial

          PPP Setuju Ma'ruf Amin Sebut Anies Sosok Potensial
PPP Setuju Ma'ruf Amin Sebut Anies Sosok Potensial
BENTENGSUMBAR.COM - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyebut Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) memiliki banyak tokoh potensial untuk menjadi pemimpin nasional berikutnya, termasuk eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

PPP mengaku setuju dengan pernyataan Ma'ruf tersebut.
Mulanya, Wakil Ketua Umum (Waketum) PPP Arsul Sani menyampaikan pihaknya sepakat bahwa KAHMI memiliki banyak sosok potensial menjadi pemimpin pemerintahan.

Namun, kata Arsul, sosok-sosok potensial yang berada di naungan KAHMI itu tentu memiliki sikap dan arah politik yang berbeda.

"Saya sendiri alumni HMI yang pernah menjabat Ketua HMI FHUI dan level UI, dan karenanya juga masuk sebagai keluarga besar KAHMI. Oleh karena itu kalau di dalamnya banyak sosok potensial untuk menjadi pemimpin pemerintahan atau negara seperti yang disebutkan Wapres Kiai Ma'ruf Amin ya itu memang hal yang benar," kata Arsul kepada wartawan, Jumat (25/11/2022).

"Namun satu hal juga perlu disampaikan bahwa banyaknya alumni HMI yang kemudian terwadahi di KAHMI juga menjadikan KAHMI sebagai wadah yang menampung pribadi-pribadi dengan pola pikir, sudut pandang dan sikap politik yang berbeda-beda," imbuhnya.

Arsul menilai pergelaran Munas KAHMI ini tak sekadar melihat soal siapa sosok yang layak menggantikan Jokowi nantinya.

Lebih jauh, menurut Arsul, acara Munas KAHMI yang melibatkan berbagai tokoh pemerintahan ini perlu juga dilihat sebagai ruang kesadaran untuk memberikan contoh bagaimana agar kontestasi politik tak menciptakan keterbelahan rakyat.

"Nah dalam konteks Munas KAHMI ini maka bagi saya yang terpenting juga tidak hanya kita melihat sosok-sosok potensial warga KAHMI yang mampu menjadi pemimpin nasional, tetapi juga bagaimana Munas KAHMI ini bisa memperbesar ruang kesadaran ketika terjadi perbedaan sikap dan pilihan politik termasuk soal paslon pilpres, yang bermuara pada contoh terdepan tentang untuk mencegah keterbelahan rakyat akibat kontestasi politik," katanya.

"Saya kira ini yang lebih penting daripada sekadar mengedepankan soal sosok-sosok yang mampu menjadi pimpinan nasional," imbuhnya.

Secara spesifik, Arsul setuju dengan pernyataan Ma'ruf. Menurutnya, capres usungan NasDem, Anies Baswedan, adalah salah satu sosok yang potensial tersebut.

"Banyak tokoh KAHMI yang potensial, AB (Anies Baswesan) salah satunya," kata Wakil Ketua MPR itu.

Sebelumnya Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) memiliki banyak tokoh-tokoh potensial. Nama eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi salah satu tokoh yang disebut Ma'ruf Amin.

"Basis keanggotaan KAHMI yang besar tersebar di seluruh wilayah Tanah Air dengan beragam latar belakang keilmuan, profesi dan jabatan strategis menjadikan KAHMI sebagai kekuatan yang potensial untuk menyumbang gagasan dan program dalam menyikapi aneka perubahan dan tantangan global yang kompleks," kata Ma'ruf dalam sambutannya di Munas KAHMI di Palu, Sulawesi Tengah, seperti dalam rekaman audio dari Setwapes, Jumat (25/11).

Munas itu dihadiri oleh Wapres ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla, Menko Polhukam Mahfud Md hingga Akbar Tanjung. Nama yang disebutkan Ma'ruf tersebut merupakan tokoh-tokoh KAHMI.

"Di sana Pak Mantan Wakil Presiden, Pak JK, ada Pak Mahfud, ada Pak Akbar Tanjung," kata Ma'ruf yang disambut dengan tepuk tangan para hadirin.

"Saya kira terlalu banyak kalau saya sebut satu-satu. Terlalu banyak tokoh potensial di KAHMI," kata Ma'ruf.

Ucapan Ma'ruf mengenai tokoh potensial KAHMI itu disambut dengan sorakan hadirin yang menyebutkan nama Anies Baswedan. Ma'ruf lalu juga menyebut nama Anies.

"Pak Anies. Saya kira banyak tokoh di KAHMI ini. Oleh karena itu negara, pemerintah sangat mengharapkan partisipasi yang optimal dari KAHMI," kata Ma'ruf yang disambut riuh peserta Munas KAHMI.

Sumber: detikcom
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »