Advertorial

Daerah

Rombongan Setjen DPR RI Apresiasi Kinerja Rumah Aspirasi Andre Rosiade di Padang

          Rombongan Setjen DPR RI Apresiasi Kinerja Rumah Aspirasi Andre Rosiade di Padang
Foto bersama dan bertukar cenderamata pengelola Rumah Aspirasi Andre Rosiade dengan rombongan Setjen DPR RI, Selasa (1/11/2022).
BENTENGSUMBAR.COM - Rombongan dari Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI mengunjungi Rumah Aspirasi anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade di Jalan Air Sirah No.6, Kelurahan Jati Baru, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Selasa (1/11/2022).

Rombongan disambut langsung pengelola Rumah Aspirasi yang sekaligus rumah singgah keluarga pasien, Joni Rusjan yang juga Wakil Bendahara DPD Gerindra Sumbar dan Wakil Ketua DPD Gerindra Sumbar Nurhaida.

Kepala Biro Keuangan Sekretariat Jenderal DPR RI Rahmad Budiaji yang memimpin rombongan tersebut mengatakan, kunjungan ke Rumah Aspirasi Andre Rosiade adalah untuk melihat dari dekat kegiatan yang dilakukan anggota DPR RI di daerah pemilihan (dapil) masing-masing. Dimana DPR RI telah memberikan dukungan anggaran bagi seluruh anggota DPR RI di masing-masing daerah pemilihan (dapil).

"Rombongan kami berasal dari biro keuangan sekretariat DPR RI berkunjung ke Rumah Aspirasi anggota dewan, kebetulan kunjungan kami saat ini ke rumah aspirasi anggota DPR Bapak Andre Rosiade," ungkapnya.

Dari kunjungan dan pemaparan yang disampaikan pengelola Rumah Aspirasi Andre Rosiade, Rahmad menegaskan, pihaknya akan menjadikan ini sebagai bahan evaluasi, termasuk peningkatan kinerja di Setjen DPR RI ke depan.

"Tentu kami akan memperhatikan apa-apa dukungan yang sudah diberikan itu, apakah sudah cukup memadai memberikan kinerja anggota dewan di daerah pemilihan, ataukah ada hal-hal yang harus kami jadikan evaluasi untuk memperbaiki kinerja kami di sekretariat jenderal ke depannya. Di lain itu kami juga melakukan benchmarking ke provinsi melalui badan pengelolaan keuangan dan aset daerah (BPKAD)," terangnya.

Ia mengapresiasi, kinerja dari Rumah Aspirasi Andre Rosiade. Ia melihat, Rumah Aspirasi Andre Rosiade tidak saja membantu masyarakat di daerah pemilihan Andre Rosiade, tapi juga terbuka bagi masyarakat yang di luar daerah pemilihan tersebut.

Baginya, hal ini merupakan langkah positif, bagaimana keberadaan rumah aspirasi ini memang dapat dinikmati oleh masyarakat banyak tidak saja di sekitar rumah aspirasi tapi lebih luasnya di seluruh Sumatra Barat (Sumbar)

"Ini sangat bagus apa yang ditempuh oleh Andre Rosiade mewujudkan kegiatan menjadi rumah aspirasi yang akan membantu masyarakat tidak hanya di daerah pemilihan, tapi di sekitarnya juga. Ketika membutuhkan dalam rangka pengobatan anggota keluarganya yang sakit dan seterusnya, rumah aspirasi ini selalu ada," ujarnya.

Ia berharap, pencapaian-pencapaian yang telah dilakukan Rumah Aspirasi Andre Rosiade ke depan dapat terus ditingkatkan dan dilanjutkan. "Tentu tidak mencukupi dari ada sekarang, dan itu bisa dikembangkan ke depannya, termasuk bentuk kegiatan lain yang berupa penyerapan aspirasi dari dapilnya," ujarnya. 

Pengelola Rumah Aspirasi Joni Rusjan, mengatakan dirinya selalu melakukan kontrol setiap harinya ke rumah aspirasi, salah satunya mengontrol soal kebersihan lingkungan dan seluruh kamar yang ada. "Saya setiap hari datang jam 7 pagi selalu memeriksa bagaimana kondisi rumah aspirasi dan siapa saja yang menginap, itu semua didata agar tertib," terangnya.

Joni menjelaskan, setiap ada keluarga pasien yang menginap, mereka didata. "Orang yang tinggal di sini (rumah aspirasi) juga kita seleksi. Mereka yang tinggal adalah orang yang memang jelas dan punya kontak yang bisa dihubungi," ujarnya. 

Selain fasilitas tempat tinggal, rumah aspirasi dan juga DPD Partai Gerindra Sumbar menyediakan ambulans bagi warga yang membutuhkan. "Partai Gerindra siap membantu masyarakat Sumbar. Misalnya yang butuh ambulans, kita siap bantu," katanya.

Joni mengatakan, lokasi rumah aspirasi ini mudah diakses oleh masyarakat. Mereka bisa mengaksesnya melalui media sosial DPD Partai Gerindra Sumbar maupun website langsung dari rumah aspirasi Andre Rosiade. Mereka yang ditampung di sini, kata pensiunan PT Telkom ini, tidak saja dari Sumbar, tapi juga dari luar Sumbar seperti Riau, dan Jambi.

Wakil Ketua DPD Gerindra Sumbar Nurhaida menambahkan, rumah aspirasi ini berada dalam satu yayasan yang kegiatannya adalah menampung aspirasi masyarakat. Mulai dari permintaan bantuan untuk masjid, rumah tahfiz dan lain sebagainya. "Sepanjang bisa kami bantu, Pak Andre Rosiade siap bantu. Ada yang sudah dibantu kaki palsu, modal usaha, dan lain sebagainya," terang Nurhaida.

Apa yang dilakukan oleh Andre Rosiade kata Nurhaida tak hanya membantu orang-orang yang ada di dapilnya, di luar itu Andre Rosiade juga dengan ringan tangan memberikan bantuan. "Semua bantuan kita antar langsung, walaupun di luar dapilnya Pak Andre Rosiade," terangnya.

Nurhaida menyebut, program lain yang dilakukan Andre Rosiade adalah melalui Jumat Berkah. Kegiatan yang rutin dilakukan setiap minggu ini, menyasar sejumlah masjid di sejumlah daerah di Sumbar. Program ini ke depannya akan terus diperbanyak. "Kami juga gulirkan kegiatan Jumat Berkah Andre Rosiade," ujarnya.

Terpisah, Andre Rosiade berterima kasih atas kunjungan dari rombongan Setjen DPR RI. Anggota DPR RI Komisi VI ini berharap kunjungan yang dilakukan Setjen DPR RI tersebut dapat menjadi bahan evaluasi dan perbaikan bagi keberadaan Rumah Aspirasi Andre Rosiade ke depan. Bagaimana Rumah Aspirasi Andre Rosiade ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas. (*)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »