Sergab Kakab Tahun 2022 Kembali Digelar, Inovasi DPPKB Wujudkan Keluarga Kecil Berkualitas

BENTENGSUMBAR.COM - Dianggap sebagai program yang sangat penting dan strategis, Serentak Menggarab Kampung KB (Sergab Kakab) kembali dilaksanakan di Kampung KB Tota Sakato Korong Toboh Tangah Nagari Toboh Gadang Barat Kecamatan Sintuk Toboh Gadang, pada Selasa (8/11/2022.

Kegiatan yang diprakarsai Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) ini, dibuka Wakil Bupati Padang Pariaman Drs. Rahmang, MM. Ikut hadir mendampingi Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman.

Tampak juga hadir Kepala DP3-PPKB Provinsi Sumatera Barat, unsur Forkopimda Padang Pariaman, Anggota DPRD Munafestonil, Ketua TP PKK Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur, Kakankemenag, Baznas, Camat se Padang Pariaman, wali nagari dan tokoh masyarakat di kecamatan setempat.

Dalam sambutannya Wabup Rahmang mengatakan, Sergab Kakab merupakan inovasi DPPKB dalam mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas secara menyeluruh. 

Semua OPD mesti ikut serta berkontribusi, serta mengajak masyarakat ikut mendukung Program KB.

Lebih lanjut Rahmang menerangkan, pada kegiatan Sergab Kakab sebelumnya, telah diterima bantuan oleh Kampung KB berupa rehab rumah tidak layak huni, bantuan MCK, beasiswa, benih ikan, burung puyuh beserta kandang, bantuan benih jagung, kaki palsu, kursi roda, pelayanan dari capil, BPJS, Pustaka keliling dan aksi nyata lainnya.

Sehingga apa yang menjadi tujuan utama dalam mensejahterakan rakyat dan meningkatkan kualitas masyarakat khususnya Kabupaten Padang Pariaman dapat terwujud.

“Terima kasih kepada seluruh petugas lini lapangan, para tenaga kesehatan (medis/bidan), para kader penggiat KB, termasuk OPD dan tokoh masyarakat, lintas sektor di Padang Pariaman yang tanpa pamrih, telah bekerja keras dan terus bekerja memberikan sumbangsih tenaganya dalam pencapaian Program Bangga Kencana ini,” ucapnya.

Rahmang menyebut, Kampung KB yang telah dicanangkan  Bapak Presiden RI pada Januari 2016 yang lalu ini, merupakan salah satu wujud nyata mempercepat membangun program Bangga Kencana dari pinggiran dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui pendekatan Holistik, Integratif, Tematik dan Spasial (HITS).

“Disamping membangun program Bangga Kencana program prioritas pembangunan di daerah juga membantu mengatasi permasalahan daerah khususnya nagari-nagari di bidang pendidikan, di bidang kesehatan, di bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta catatan sipil,” tandas Ketua DPC PDIP Padang Pariaman ini.

Sebelumnya, Elfi Delita Kepala DPPKB Padang Pariaman melaporkan, ini adalah program Bangga Kencana di Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2022 yang ke 8. 

Dilaksanakan setelah Sergap Kakab di tujuh kecamatan sebelumnya, yakni Kecamatan Enam Lingkung, Batang Gasan, Sungai Geringging, V Koto Timur serta Nan Sabaris, dan Lubuk Alung serta Kayu Tanam.

“Kampung KB yang ada di Padang Pariaman berjumlah 22 Kampung KB yang tersebar pada 17 Kecamatan. Tahun 2016 dibentuk 1 Kampung KB dan tahun 2017 dibentuk 17 Kampung KB serta tahun 2018 dibentuk lagi 4 Kampung KB,” ungkapnya didampingi Kabid Penggerak dan Penyuluhan Elni Sari melaporkan.

Dari potensi yang ada, Pemkab Padang Pariaman sangat mendukung kegiatan unggulan melalui Kampung KB tersebut. 

Kemudian dia mengajak, didukung bersama pemerintah daerah bersama BKKBN dan juga peran stakeholder sangat dibutuhkan dalam bentuk aksi nyata seperti dilaksanakan hari ini.

“OPD, PKK dan banyak organisasi lainya, begitu pula tenaga kesehatan dan bidan. Terima kasih banyak dari kami. Karena Bapak/Ibu telah banyak berperan,” ungkapnya menambahkan.

Pada kesempatan itu, juga diserahkan bantuan program jamban sehat dari Baznas Padang Pariaman berjumlah empat juta rupiah yang diserahkan secara simbolis kepada salah seorang warga Arnelis dan bantuan 10 eksamplar Alquran.(R/at)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »